Beri Insentif ke Industri, Pemerintah Bakal Turunkan Tarif PPh Badan

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 06 Oct 2015 14:23 WIB
ekonomi indonesia
Beri Insentif ke Industri, Pemerintah Bakal Turunkan Tarif PPh Badan
Menkeu Bambang Brodjonegoro. ANT/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan bakal menurunkan pajak penghasilan (PPh) badan tahun depan. Kebijakan tersebut merupakan salah satu insentif yang diberikan Pemerintah pada dunia usaha yang sedang dilanda goncangan di tengah pelemahan ekonomi.

Wacana tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam paparannya pada acara seminar bertajuk Quo Vadis Ekonomi Indonesia di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat seperti diberitakan Selasa (6/10/2015).

Kebijakan tersebut, kata Bambang akan dikuatkan dengan payung hukum berupa  revisi Undang-Undang PPh Nomor 36 tahun 2008 yang rencananya akan dilakukan tahun depan.

"Jadi kita pasti akan menurunkan PPh badan melalui revisi UU PPh yang dilakukan awal tahun depan. Penurunannya berapa, kila lihat dulu simulasinya," kata dia.

Selain itu, penurunan PPh badan pun dimungkinkan untuk menarik kembali uang para pengusaha Indonesia yang gemar menaruh dana di luar negeri karena tarif pajak yang lebih rendah.

Bambang menegaskan kebijakan ini dilakukan karena untuk menarik pajak kembali ke Indonesia tak bisa dilakukan dengan mengandalkan koordinasi dengan negara lain.

"Koordinasi apa? emang kita bisa koordinasi apa soal pajak dengan negara lain. Kalau soal pajak itu soal harga diri urusannya," pungkasnya.



(SAW)