Pansus Pelindo II tak Menyerang Perorangan

Meilikhah    •    Selasa, 06 Oct 2015 14:43 WIB
pelindo
Pansus Pelindo II tak Menyerang Perorangan
Masinton Pasaribu memperlihatkan dokumen di KPK----MTVN/Yogi

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menegaskan, panitia khusus Pelindo II yang disahkan DPR tak menyerang perorangan. Pembentukan Pansus Pelindo II adalah untuk mengawasi tata kelola perusahaan milik negara.

"Pansus tidak menyasar orang per orang. Lembaga DPR terlalu besar menyasar orang. Pansus menyasar pada tata kelola perusahaan BUMN, khususnya Pelindo," ujar Masinton di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/10/2015).

Menurutnya, pembentukan Pansus Pelindo II untuk mengurai manajemen dan tata kelola perusahaan BUMN agar bekerja secara profesional, berpihak pada kepentingan nasional, dan punya tata kelola bersih serta antikorupsi. Hal tersebut, kata dia, adalah fondasi BUMN agar bisa dipertanggungjawabkan di hadapan publik dan negara.

Menurut Masinton, tugas pansus nantinya memerifikasi laporan dan data yang masuk untuk memeriksa dan menyelidiki bagaimana tata kelola perusahaan BUMN itu berjalan.

"Seperti apakah ada pelanggaran hukum, perpanjangan kontrak anak perusahaan Pelindo II. Lamanya dwelling time dan tata kelola yang dilaporkan masyarakat ke DPR," katanya.

Pansus Pelindo II sempat dikaitkan dengan keinginan Komisi III menyelidiki pencopotan Komjen Budi Waseso sebagai Kepala Bareskrim. Sebab, Buwas dicopot, bersamaan dengan langkah Bareskrim menylidiki dugaan korupsi pengadaan mobile crane di PT Pelindo II.

Namun, fokus pansus berubah setelah banyak aduan yang meluncur terkait kinerja PT Pelindo II. Santer kabar, pansus tengah mengambil langkah buat menyelidiki dugaan permaian yang ada di BUMN yang mengurusi pelabuhan tersebut.


(TII)