Terkena Penyakit, DPR Alihkan Suntikan Modal Sang Hyang Sri ke Pertani

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 06 Oct 2015 14:52 WIB
pmn
Terkena Penyakit, DPR Alihkan Suntikan Modal Sang Hyang Sri ke Pertani
Ilustrasi. (FOTO: AFP/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rapat Kerja Komisi VI DPR bersama Kementerian BUMN hari ini memutuskan untuk mengalihkan penyertaan modal negara (PMN) PT Sang Hyang Sri ke perusahaan BUMN sektor pangan.

"Berdasarkan kesepakatan bersama, kami sepakat untuk mengalihkan PMN yang diusulkan pemerintah untuk Sang Hyang Sri Rp250 miliar ke sektor pangan," kata Pimpinan Sidang, Ketua Komisi VI DPR RI, Ahmad Hafisz Tohir di ruang rapat Komisi VI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/10/2015).

Keputusan usulan PMN Sang Hyang Sri sebelumnya sempat menggantung, lantaran BUMN tersebut memiliki kendala internal dalam organisasinya yaang disinyalir sudah delapan bulan menunda atau menunggak pembayaran gaji karyawannya.

Anggota Komisi VI Fraksi PKS Refrizal meminta Sang Hyang Sri menjelaskan perkara mereka di internal agar DPR bisa memutuskan.

"Bisa jelaskan enggak penyakitnya? Mau enggak di blow-up penyakitnya, kalau kita diberitahu penyakitnya kita bisa berikan (PMN) sebagai obat, sebagai jalan keluarnya, kalau dia saja enggak tahu penyakitnya, bagaimana kita mau ngobatin," ungkap Refrizal.

Namun, akhirnya Komisi VI dan Pemerintah yakni Menteri BUMN sepakat dengan usulan anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI-P, Arya Bima yang menyarankan jika PMN untuk Sang Hyang Sri tidak bisa diterima, maka PMN yang diajukan Pemerintah bisa dialihkan pada BUMN pangan lainnya yakni PT Pertani (Persero) dengan tujuan untuk mendukung program Pemerintah yakni swasembada pangan.

"Kalau tidak disetujui, kita sangat berharap adanya realokasi ke PT Pertani karena masih satu lahan bisnis untuk penguatan target dalam target wujudkan kedaulatan pangan," jelas Aria.


(AHL)