Obama akan Kunjungi Keluarga Korban Penembakan Oregon

Willy Haryono    •    Selasa, 06 Oct 2015 14:53 WIB
penembakan as
Obama akan Kunjungi Keluarga Korban Penembakan Oregon
Warga berdiri di depan memorial Umpqua Community College di Roseburg, Oregon, AS, Minggu (4/10/2015). (Foto: AFP / SCOTT OLSON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana pergi ke Oregon, Jumat mendatang, untuk mengunjungi keluarga korban penembakan di Umpqua Community College. 

Seorang pria menembak secara membabi-buta dan menewaskan 9 orang pada 1 Oktober. Pelaku melakukan bunuh diri setelah dikepung polisi. 

Beberapa jam setelah kejadian, Obama mengecam penembakan dan juga menyindir Kongres yang hampir selalu menolak adanya aturan ketat terkait kepemilikan senjata api. 

Sang Presiden menegaskan akan terus mendorong adanya reformasi senjata api di Negeri Paman Sam. 

"Obama akan pergi ke Roseburg, Oregon, untuk mengunjungi keluarga korban secara privat," ujar pejabat Gedung Putih di Washington, seperti dikutip AFP, Senin (5/10/2015) malam. 

Penembakan di Oregon, yang merupakan bagian dari serangkaian serangan serupa di institusi pendidikan AS, memicu perdebatan panjang terkait aturan kepemilikan senjata. 

Pembunuhan massal dengan senjata api di sekolah AS terjadi pada 2012. Ketika itu, pelaku membunuh 20 murid sekolah dasar dan enam orang dewasa di Sandy Hook Elementary School, Connecticut. 


(WIL)