Penyelundupan Ratusan Ribu Bibit Lobster Digagalkan

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 06 Oct 2015 14:56 WIB
penyelundupan
Penyelundupan Ratusan Ribu Bibit Lobster Digagalkan
Dua petugas KIPM saat mencoba membuka salah satu koper berisi baby lobster. (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Kelas 1 Yogyakarta menggagalkan penyelundupan 320 ribu ekor bibit lobster (baby lobster) senilai Rp5,44 miliar di Bandara Adisutjipto, Selasa (6/10/2015). 

Kepala KIPM Kelas 1 Yogyakarta, Suprayogi mengatakan pihaknya mengamankan tiga pelaku penyelundupan. Selain itu, barang bukti bibit lobster yang dikemas ke dalam enam koper juga ikut diamankan.

"Rencananya, akan diberangkatkan dengan maskapai AirAsia. Tujuannya Singapura," kata Suprayogi di kantor KIPM Kelas 1 Yogyakarta.

Bersama enam koper bibit lobster, pelaku diamankan setelah tak lolos pemeriksaan ketika melewati alat pemindai (X-Ray). Karena curiga, sebuah koper akhirnya diminta untuk dibuka.

"Saat diperiksa, di dalam koper kelihatan ada benda mencurigakan. Setelah dibuka ternyata berisi bibit lobster yang dikemas dalam plastik," ujarnya.

Setelah diamankan, bibit lobster tersebut langsung diamankan menuju KIPM. Sedangkan, tiga orang pembawa koper dibawa ke Mapolda DIY untuk dilakukan pemeriksaan.

Pantauan Metrotvnews.com, enam koper berisi bibit lobster itu telah berada di kantor KIPM. Pihak KIPM belum membuka seluruh isi koper karena menunggu pemeriksaan dari kepolisian. Temuan ini merupakan kali kedua setelah awal bulan kemarin petugas Bandara Adisutjipto menggagalkan penyelundupan ratusan lobster.


(SAN)

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

17 minutes Ago

KPK akan menghadirkan tiga ahli dalam lanjutan sidang praperadilan Setya Novanto di Pengadilan …

BERITA LAINNYA