OJK Harap Pemotongan Iuran Tahunan Emiten Terealisasi Tahun Ini

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 06 Oct 2015 15:06 WIB
bei
OJK Harap Pemotongan Iuran Tahunan Emiten Terealisasi Tahun Ini
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Padang: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sinyal bahwa wacana pemotongan iuran tahunan emiten atau annual listing fee bakal terealisasikan di tahun ini.

"Segera mungkin, masih ada pembahasan, tapi kami ingin cepat supaya ada kepastian. Isu ini lama, maka harapan kami mau di 2015," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida, seperti diberitakan Selasa (6/10/2015).

Menurutnya, setelah PP terkait kebijakan tersebut direvisi, maka‎ akan ada pungutan yang berubah. Sebagai contoh, biaya tahunan bagi profesi penunjangan pasar modal dan pungutan pada saat calon emiten melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Ketika ditanya seberapa besar potongan iuran yang diberikan, Nurhaida belum bisa menjelaskannya secara detail. Sebab, masih dalam pembahasan yang insentif‎.

"Karena masih dibahas, jadi pengajuan pembahasan basis nilainya ada yang akan berubah. Basis persentasenya dan lain-lain setelah final," tutup Nurhaida.

Sekadar informasi, OJK telah menetapkan tarif pungutan biaya bagi emiten. Emiten ditarik iuran 0,02 persen dari nilai emisi, minimal Rp10 juta dan maksimal Rp100 juta di 2014. Sedangkan di tahun depan meningkat 0,03 persen dari nilai emisi. Minimal Rp15 juta dan maksimal Rp150 juta.


(AHL)