24 Pakar Hadiri FGD MRC 1 Tahun Jokowi-JK

Krisiandi    •    Selasa, 06 Oct 2015 15:28 WIB
1 tahun jokowi-jk
24 Pakar Hadiri FGD MRC 1 Tahun Jokowi-JK
Forum Group Discussion Media Research Center (MRC), Selasa (6/10/2015). Foto: Dhimas Prasetianing/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 24 pakar dari berbagai latar belakang menjadi narasumber Focus Group Discussion Media Research Center (MRC) yang digelar untuk kali pertama. Mereka yang hadir adalah para ahli di bidang politik, ekonomi, pendidikan dan budaya.

Di antaranya, budayawan Jaya Suprana dan Yudhistira ANM Massardi, akademisi Komaruddin Hidayat dan Azyumardi Azra, tokoh agama Sandyawan Sumardi dan praktisi pendidikan Retno Listyarti.

Hadir pula aktivisi antikorupsi Tama S Langkun, aktivis PP Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, akademisi dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Muhammad A Murteza, Guru Besar Universitas Padjajaran Ina Primiana, tokoh agama Konghucu Kris Tan, aktivis dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Lucius Karus dan pengamat kemaritiman Soleman Ponto.

Lalu, tokoh agama sekaligus politikus PKB Maman Imanulhaq, mantan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan dan Ketua PP Muhammadiyah Hajriyanto Y Thohari. 

Ada juga Staf Khusus Menteri Keuangan Arif Budimanta, peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Ikrar Nusabakti, peneliti Institute Ecosoc Sri Palupi, Guru Besar Insititut Pertanian Bogor yang juga bekas Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani. 

Para pakar tersebut membahas evaluasi satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Awalnya, seluruh pakar berkumpul dan mengemukakan pendapat secara umum. Setelah satu jam, para ahli itu dibagi dalam tiga kelompok: hukum; sosial, budaya dan pendidikan; serta ekonomi. 

"FGD ini bentuk komitmen Media Group terhadap pemerintahan Jokowi-JK," kata Kepala MRC Asep Setiawan di sela-sela FGD di Gedung Metro TV/Media Indonesia, Kedoya, Jakarta Barat, (6/10/2015). 

MRC, kata dia, akan rutin menggelar FGD dengan mendatangkan pakar sesuai isu bahasan. Ke depannya, lembaga riset milik Media Group ini akan mengembangkan riset bermitra dengan lembaga pemerintah dan swasta. "Seperti halnya media monitoring, kepuasan publik dan pelatihan media relation," ujarnya. 

Terkait dengan riset satu tahun Jokowi-JK, Asep menuturkan, MRC akan merilis hasilnya pada 20 Oktober. "Di situ kita bisa lihat apakah pemerintahan saat ini berhasil menjalankan Trisakti, dan bisa mengimplementasikan Nawacita dan lain-lain. Kita lihat nanti," ujarnya. 

Budayawan Jaya Suprana mengapresiasi inisiasi Media Group dalam menggelar FGD. Apalagi dihadiri para pakar di bidangnya. Dia berpesan agar kesimpulan dari FGD yang berisi solusi dari persoalan yang dihadapi pemerintahan tersebut disampaikan langsung pada Presiden Jokowi. 


(KRI)