Dubes Rusia Kutuk Serangan Jet AS ke RS Afghanistan

Willy Haryono    •    Selasa, 06 Oct 2015 16:03 WIB
konflik afghanistan
Dubes Rusia Kutuk Serangan Jet AS ke RS Afghanistan
Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin di kediamannya di Kuningan, Jaksel, Selasa (6/10/2015(. (Foto: MTVN / Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Serangan udara mengenai sebagian area sebuah rumah sakit di Kunduz, Afghanistan, dan menewaskan sedikitnya 22 orang, Sabtu kemarin. 

Amerika Serikat mengakui salah satu serangannya mungkin tak sengaja mengenai RS tersebut. Berbagai kritik pun berdatangan, tak terkecuali dari Rusia.

"Rusia mengutuk keras serangan udara Angkatan Udara AS ke rumah sakit di Kunduz. Kami menuntut diadakan penyelidikan dan menyeret pihak yang bertanggung jawab ke muka pengadilan," kata Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, di kediamannya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/10/2015).

Dubes Galuzin geram atas sikap AS yang selama ini selalu menyudutkan Rusia. Dalam serangan udara di Suriah, AS menuding Rusia bukan hanya ingin menghabisi kelompok militan Islamic State (ISIS), tapi juga menyingkirkan semua musuh Presiden Bashar al-Assad. 

"AS selalu mengatakan Rusia melakukan pengeboman di Suriah tanpa tahu siapa target kami sebenarnya, sedangkan mereka juga melakukan pengeboman di pusat-pusat kota selamahampir satu tahun ini," tambah dia.

Otoritas AS dan Afghanistan menyatakan akan melakukan penyelidikan terhadap peristiwa di Kunduz. Sekjen PBB Ban Ki-moon mendesak agar kasus tersebut diusut hingga tuntas. (Nabila Gita)


(WIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA