Kesalahan Pertolongan Pertama yang Sering Dilakukan

   •    Selasa, 06 Oct 2015 19:05 WIB
kesehatan
Kesalahan Pertolongan Pertama yang Sering Dilakukan
Saat mimisan jangan mendongak ke atas. (foto:Gettyimage/Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat terjadi sesuatu pada tubuh, masih banyak orang yang melakukan kesalahan untuk melakukan pertolongan pertama. Ini karena disebabkan tradisi turun-temurun hingga mendengar sekilas dari orang lain, 

Anda wajib tahu bahwa kebiasaan pertolongan pertama berikut tidak membawa Anda pada kesembuhan tapi justru mengancam kesehatan. Apa sajakah itu?

1. Mendongak saat mimisan
Menengadahkan kepala saat mimisan itu tidak benar. Sebab saat itu semua darah yang harusnya keluar malah masuk ke bawah tenggorokan. Bila Anda menelannya maka perut akan terganggu dan berakhir dengan muntah.

Sebaiknya, Anda bersandar sedikit ke depan dengan menekan hidung Anda. Tahan tekanan selama 5 sampai 10 menit, baru lepaskan bila pendarahan telah berhenti. 

2. Pakai alkohol saat demam
Mengompres pakai alkohol sama saja menyebarkan racun pada anak-anak. Alkohol tidak terbukti menurunkan suhu demam Anda tetapi malah merembes ke dalam kulit dan menyebabkan keracunan alkohol. 

3. Tuangkan hidrogen peroksida pada luka terbuka
Lutut tergores kemudian dioleskan hidrogen peroksida malah akan merusak jaringan Anda. Hidrogen ini memecah dinding sel. Sementara waktu memang membunuh bakteri tapi juga membunuh sel-sel sehat di sekitarannya. Penyembuhan akan lambat dan juga akan meninggalkan bekas luka.

4. Siram minyak pada luka bakar
Minyak akan melapisi kulit Anda yang mana kemampuannya akan melambat saat melepaskan panas. Parahnya, akan ada kerusakan lebih di area luka bakar tersebut. Cara terbaik untuk merawat luka bakar adalah mendiamkannya di bawah air dingin selama 20 menit. Setelah itu, dibungkus dengan plastik yang streril untuk melindungi dari infeksi. 

5. Memasukkan jari ke mata untuk mengambil sesuatu
Saat kelilipan seseorang cenderung menggunakan jari tangan untuk mengambilnya. Itu sangat tidak dianjurkan karena tangan punya sejuta bakteri yang membawa mata Anda pada masalah infeksi. (Sumarni/Prevention)


(LOV)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

4 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA