4 Pemain Berlabel Bintang Gagal di Chelsea

Hilman Haris    •    Selasa, 06 Oct 2015 20:41 WIB
chelsea
4 Pemain Berlabel Bintang Gagal di Chelsea
Shevchenko gagal tampil cemerlang di Chelsea (AFP)

Metrotvnews.com, London: Chelsea tak henti mendatangkan pemain berlabel bintang. Pada medio 2000-an, The Blues memboyong Didier Drogba, Arjen Robben dan Ashley Cole ke Stamford Bridge.

Akan tetapi, tak semua pemain bintang yang diboyong Chelsea tampil cemerlang dan memberikan gelar bergensi. Beberapa di antaranya bernasib sial karena tak mampu menunjukkan performa impresif hingga akhirnya tenggelam di bangku cadangan The Blues seiring waktu berjalan.

Siapa saja pemain-pemain itu? Metrotvnews.com sudah merangkum empat pemain yang menjalani karier suram selama di Chelsea. 

Mateja Kezman

Kezman dikenal sebagai striker yang haus gol dan menakutkan ketika berada di kotak penalti lawan pada awal 2000-an. Penampilannya sangat cemerlang ketika ia masih berseragam PSV Eindhoven pada tahun 2000--2004. Dalam empat musim di Belanda ia mencetak 105 dari 122 penampilan. 

Statistik apik Kezman ketika itu membuat Chelsea tertarik meminangnya pada 2004.  Tapi apa daya. Karier Kezman melempem di Inggris. Pada 2004--2005, Kezman hanya mencetak empat gol untuk The Blues di kancah Liga Primer Inggris. Padahal ketika itu Kezman dipercaya untuk tampil sebanyak 25 laga.

Kevin De Bruyne

De Bruyne bergabung ke Chelsea pada 31 Januari 2012. Ketika itu, Bruyne diboyong dari Genk dengan mahar tujuh juta poundsterling. Meski masih muda, Bruyne awalnya diyakini bakal menjadi pemain andalan Chelsea pada masa depan.

Nahas, asa itu tidak menjadi kenyataan. De Bruyne jarang diberi kesempatan untuk unjuk gigi di Stamford Bridge. Sejak 2012 hingga 2014, gelandang serang asal Belgia itu hanya empat kali ditampilkan di ajang Liga Primer Inggris 

Manajer The Blues, Jose Mourinho memutuskan untuk melepas De Bruyne ke Werder Bremen pada 2012--2013. Uniknya, kehebatan De Bruyne kembali muncul selama berlaga di Jerman. Pada musim itu, De Bruyne mencetak 10 gol dari 33 laga di Bundesliga 1.

Namun Mourinho tak melihat catatan De Bruyne ketika itu sebagai prestasi istimewa. Sebelum 2014--2015 bergulir, Mourinho memutuskan untuk melego De Bruyne dengan status permanen ke Woflsburg dengan harga 18 juta Pound Sterling (Rp sekitar 394 Milliar).

Shaun Wright-Phillips

Shaun Wright-Phillips tiba di Chelsea dalam waktu yang tidak tepat. Saat ia tiba di Stamford Bridge, Chelsea sudah memiliki segudang winger berbakat seperti  Arjen Robben, Damian Duff dan Joe Cole.

Keberadaan mereka membuat karier Wright-Phillips tenggelam. Ia memang tampil 81 kali di Liga Primer Inggris dari 2005 hingga 2008. Namun mayoritas laga itu dilalui Wright-Phillips sebagai pemain cadangan. 

Andriy Shevchenko

Shevchenko menjadi striker yang ditakuti para bek-bek di Eropa saat membela Dynamo Kiev dan AC Milan. Namun label itu tidak lagi melekat di Shevchenko ketika tampil bersama Chelsea. 

Selama membela The Blues, striker asal Ukraina itu hanya mencetak sembilan gol dari 48 penampilan di Liga Primer Inggris. Jumlah gol itu tentunya tidak sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan Chelsea untuk meminang Shevchenko dari Milan pada 2006 dengan harga 30,8 juta Pound Sterling(sekitarRp664Milliar).

Shevchenko akhirnya dilepas ke Milan pada 2008--2009 ketika pelatih Luiz Felipe Scolari datang ke Chelsea untuk menggantikan Jose Mourinho. Setelah masa peminjaman rampung, Shevchenko dilego Chelsea ke Dynamo Kiev sebelum 2009--2010 digelar. (Brian/WhatCulture)


(HIL)