Indriyanto: UU KPK Sekarang Cukup Baik

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 06 Oct 2015 20:50 WIB
revisi uu kpk
Indriyanto: UU KPK Sekarang Cukup Baik
Indriyanto Seno Adji (kiri)/ANT/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana Tugas Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Indriyanto Seno Adji menilai revisi Undang-Undang KPK belum perlu dilakukan. Menurut dia, UU KPK saat ini sudah cukup untuk mengakomodasi tugas-tugas lembaga antikorupsi.

"UU sekarang sudah cukup baik terkait teknis pencegah dan penindakan," kata Indriyanto, dalam pesan singkat, Selasa (6/10/2015).

Menurut dia, jika perlu evaluasi, yang dibutuhkan yakni dalam masalah managemen struktural saja. Contohnya, kata dia, terkait posisi penasihat KPK yang berada dalam struktur lembaga antikorupsi.

"Sebaiknya ada dewan pengawas di luar struktural agar lebih independen saja," ungkap Pakar Hukum Pidana Universitas Krisnadwipayana.

Selain itu, dia juga menyoroti Pengadilan Negeri (PN). "Ketentuan lain misalnya memperluas subyek PN yang bisa dilakukan pemeriksaan oleh KPK," ujar Lulusan Universitas Indonesia itu.

DPR telah menyiapkan draft Undang-Undang KPK. Legislator mencantumkan beberapa masukan yang dapat menimbulkan pro-kontra di masyarakat.

Salah satu usulan para wakil rakyat adalah soal masa waktu kerja KPK. Pasal 5 draft tersebut menuliskan, "Komisi Pemberantasan Korupsi dibentuk untuk masa waktu 12 tahun sejak Undang-Undang ini diundangkan."


(AZF)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA