Kawasan Depan BEC Bandung Kembali Kumuh PKL

Roni Kurniawan    •    Selasa, 06 Oct 2015 20:57 WIB
pkl
Kawasan Depan BEC Bandung Kembali Kumuh PKL
PKL kembali menjamur di Jalan Purnawarman, depan BEC, Kota Bandung. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Puluhan pedagang kali lima (PKL) kembali menempati trotoar di depan pusat elektronik Bandung Elentronic Center (BEC), Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Jawa Barat. Padahal, pekan lalu lokasi itu bersih setelah Satpol PP Kota Bandung merazia PKL. Kawasan itu ditetapkan sebagai zona merah atau zona larangan berjualan.

Kehadiran para PKL itu membuat bingung pejalan kaki yang melintas. Salah satunya Ita Rasilia, 21, yang merasa pemerintah tidak bertindak tegas dengan kembali hadirnya para PKL itu.

"Seharusnya pemerintah tegas dalam urusan ini. Karena ini kan trotoar buat jalan kaki. Kasihan juga kan yang jalan kaki jadi tersingkir. Palaur (khawatir) keserempet mobil," ujar Ita saat berbincang-bincang dengan Metrotvnews.com, di area Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/10/2015).

Selain harus bersikap tegas, Ita pun berharap pemerintah memberikan solusi untuk para PKL terkait tempat baru bagi mereka dalam mencari nafkah.

Sebelumnya, pemkot Bandung melarang PKL berjualan di Jalan Purnawarman. Sebagai solusi, pemkot berencana mengandeng para pengusaha yang berada di area tersebut, termasuk BEC, untuk turut serta menampung PKL.

"Kita baru mau rapat hari ini dengan pihak Satgasus juga dengan pengusaha-pengusaha di situ. Kita akan koordinasikan dan meminta agar pengusaha bisa menampung," Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Kepala Seksi Satpol PP Kota Bandung Satriadi Buana membenarkan pernah menertibkan para PKL. "Kita sudah tertibkan sekitar 20 PKL," kata Satriadi.


(UWA)