Cara Bernapas yang Benar Saat Olahraga

   •    Rabu, 07 Oct 2015 07:50 WIB
kesehatan
Cara Bernapas yang Benar Saat Olahraga
Olahraga yoga. (Foto:Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cara bernapas saat berolahraga menurut para ahli juga berimbas pada hasil olahraga yang Anda lakukan. Saat melakukan olahraga, Anda harus tahu bagaimana cara bernapas yang benar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Lalu, bagaimana cara bernapas yang benar agar hasil olahraga bisa maksimal?

1. Olahraga angkat berat
Tarik napas saat mengangkat beban. Hembuskan bila beban sudah berada di atas. Ini bekerja untuk menstabilkan otot inti dan mencegah risiko cedera punggung.

2. Berlari
Saat Anda menambah kecepatan berlari Anda, tarik napas, lalu buang napas selama empat detik secara konsisten. Anda akan membakar kalori lebih efisien dan menghindari Anda terlalu terengah-engah.

3. Yoga
Olahraga yoga bersifat untuk menenangkan pikiran Anda agar lebih santai. Artinya saat bernapas Anda membutuhkan menghirup napas dengan menghembuskannya secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama.

4. Olahraga angkat beban ringan
Angkat ringan sedikit berbeda dari angkat berat. Anda memerlukan pola khusus dengan tarik napas saat mengangkat, hembuskan saat beban berada di atas dan tarik napas kembali saat menurunkan beban tersebut. Ini akan membantu Anda menggunakan energi secara efisien. (Sumarni/ Allwomenstalk)


(LOV)