Kemkominfo Dorong BI Terapkan National Payment Gateaway

   •    Rabu, 07 Oct 2015 15:42 WIB
bank indonesia
Kemkominfo Dorong BI Terapkan <i>National Payment Gateaway</i>
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendorong Bank Indonesia (BI) untuk menerapkan National Payment Gateaway (NPG) atau sistem pembayaran nasional karena keberadaan NPG dinilai sudah sangat diperlukan di Tanah Air.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, sejauh ini banyak arus dana keluar melalui transaksi dengan prinsipal asing. Pemberlakuan NPG diharapkan dapat mencegah dana keluar tersebut sehingga dapat membantu neraca perdagangan domestik.

"Kami akan mendorong Bank Indonesia sebagai policy maker untuk berupaya menerapkan national payment gateway. Kami siap menyediakan kebutuhan konektivitas," ujarnya, seperti dikutip Antara, di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Rudiantara menuturkan, pada Oktober ini pihaknya akan mengintensifkan upaya mendorong sejumlah kementerian dan lembaga untuk berperan menerapkan national payment gateway di mana nantinya ada delapan kemneterian/lembaga yang terlibat.

Menurut Menteri, koordinasi antara kementerian/lembaga untuk menerapakan national payment gateway ini akan menghasilkan kebijakan yang menjadi payung hukum skema pembayaran tersebut. "Selama ini BI tidak mengetahui secara jelas transaksi di dalam negeri," ujarnya.

Ia menilai selaku bank sentral seharusnya mengetahui secara mendetil nilai dan aktivitas aliran transaksi di negaranya masing-masing. "Kami berharap segera keluar roadmap mengenai national payment gateway," pungkasnya.


(ABD)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

6 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA