Pemerintah Harus Dorong Sektor Perumahan

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 07 Oct 2015 18:45 WIB
perumahan
Pemerintah Harus Dorong Sektor Perumahan
Illustrasi. FOTO ANT/FB Anggoro

Metrotvnews.com, Jakarta: ‎Pengamat perbankan Achmad Deni Daruri mengatakan, sektor perumahan memberikan kontribusi besar bagi produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Oleh karenanya, pemerintah harus meningkatkan anggaran untuk fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP)‎.

"Sektor perumahan memiliki nilai besar terhadap PDB. Maka sektor ini harus ditingkatkan, karena sektor ini lebih tahan dan tidak kena dampak bagi sektor ekonomi," ungkap Achmad, ketika ditemui dalam acara FGD 'Analisa Dampak Perlambatan Ekonomi Terhadap Program Sejuta Rumah", di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Menurut dia, jika sektor perumahan mengalami pertumbuhan yang positif, maka berdampak besar bagi 91 sektor industri yang ada. Untuk itu, pemerintah harus memberikan tax holiday‎ bagi sektor perumahan.

Dia menjelaskan, ‎dampak peningkatan nilai tambah sektor perumahan sebesar satu persen akan meningkatkan nilai tambah ke PDB bruto secara kumulatif sebesar 9,53 persen. Namun, peningkatan itu dalam kurun waktu lima tahun.


(SAW)