Indonesia-Malaysia Bisa Tentukan Standar CPO

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 07 Oct 2015 19:39 WIB
cpo
Indonesia-Malaysia Bisa Tentukan Standar CPO
illustrasi. ANT/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan Indonesia dan Malaysia akan membentuk organisasi semacam OPEC untuk Crude Palm Oil (CPO). Upaya ini dilakukan lantaran kedua negara ini sama-sama penghasil CPO terbesar.

Menurut Rizal, hal itu sudah ia bahas ketika dirinya diutus untuk pergi ke Malaysia dan bertemu dengan pejabat setempat. Nantinya organisasi tersebut merupakan perkumpulan negara-negara penghasil minyak bumi.

"Minggu lalu saya ketemu dengan Malaysia. Konsepnya juga sama. Kita mengusulkan bikin organisasi sejenis OPEC, atau dewan negara-negara penghasil CPO," ujar Rizal Ramli saat ditemui di Djakarta Theatre XXI, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2015).

Masih lanjut Rizal, dengan adanya organisasi ini, maka negara-negara penghasil CPO bisa menetapkan standar yang sama soal kualitas CPO yang diperdagangkan di pasar internasional. Kemudian negara penghasil CPO juga bisa bersama-sama melawan kampanye negatif terhadap CPO, khususnya untuk negara-negara Eropa.

"Makanya kita jangan hanya defensif tetapi juga harus offensif. Makanya kita buat standar sendiri. Kita bikin standar eco-plus, dengan kepentingan petani-petani sawit kecil," jelasnya.



(SAW)