Bandung Dicabik Angin Kencang

Roni Kurniawan    •    Rabu, 07 Oct 2015 19:58 WIB
pohon tumbangangin kencang
Bandung Dicabik Angin Kencang
Pohon menimpa pagar rumah dan meruntuhkan satu tiang listrik di bawah flyover Pasopati, Bandung, Rabu 7 Oktober. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Hujan besar yang mengguyur Kota Bandung diikuti 20 musibah dahan patah dan empat musibah pohon tumbang. Akibat patah dahan dan pohon tumbang ini, beberapa kendaraan tertimpa batang pohon.

Satu dari empat musibah pohon yang tumbang di Kota Bandung terjadi di kawasan Cikapayang, Dago. Tumbangnya pohon berukuran cukup besar ini mengakibatkan kondisi lalu lintas di kawasan tersebut lumpuh.


(Foto: Media Sosial)

Meski begitu, petugas Diskamtam Kota Bandung dibantu petugas Dinas Pencegahan dan Penanggulangan kebakaran (DPPK) Kota Bandung terlihat berupaya mengevakuasi pohon yang tumbang tersebut. Di samping itu, petugas kepolisian juga membantu memgalihkan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang parah di kawasan Cikapayang, Dago.

Kasus pohon tumbang lainnya juga terjadi di Jalan Ganesa pada waktu yang sama. Akibat tumbangnya pohon di Jalan Ganesa, sejumlah kendaraan roda empat tertimpa. Untuk mengevakuasi pohon tersebut, para petugas terpaksa menutup Jalan Ganesa hingga proses evakuasi selesai.

Kepala Diskamtam Kota Bandung Arief Prasetya memgatakan ada 24 masalah pohon yang terjadi selama hujan mengguyur Kota Bandung. Permasalahan pohon tersebut, lanjut Arief, didominasi dahan patah sebanyak 20 kasus. Sedangkan empat kasus lainnya merupakan pohon tumbang.


(Foto: Media Sosial)

"Untuk yang tumbang itu di Hegarmana, Ganesa, Cikapayang dan Cidurian. Lainnya patah dahan atas, di antaranya di Cikawao, Cijaura, hingga Lengkong," jelas Arief, Rabu (7/10/2015).

Arief mengatakan sebagian pohon tumbang didominasi pohon berdiameter 10 hingga 15 sentimeter. Akan tetapi, satu pohon tumbang di kawasan Hegarmana terlihat besar. Ukuran pohon tersebut, lanjut Arief, menunjukkan usia pohon tersebut cukup tua.


(Foto: Media Sosial)

Saat ini petugas difokuskan mengevakuasi pohon yang menghalangi fasilitas publik. Diharapkan, para petugas dapat segera mengevakuasi sehingga lalu lintas kembali normal. "Kami juga mengimbau warga untuk menghindari pohon-pohon saat hujan turun," kata Arief.


(UWA)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

47 minutes Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA