Denny Indrayana: Pembangunan LP Teroris bakal Bertahap

   •    Rabu, 28 Aug 2013 22:35 WIB
Denny Indrayana: Pembangunan LP Teroris bakal Bertahap
ANTARA/Prasetyo Utomo/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Hukum dan HAM akan membangun sejumlah lembaga pemasyarakatan (LP) khusus terpidana kasus terorisme secara bertahap.

"LP itu kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk deradikalisasi," kata Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana selepas pelantikan pejabat eselon II di Gedung Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Rabu (28/8).

Denny mengatakan, LP khusus terpidana terorisme itu sesuai dengan amanat undang-undang dan Peraturan Pemerintah Nomor 99 tahun 2012. Terkait rencana Kementerian Hukum dan HAM untuk membangun LP khusus teroris di Sentul Bogor, Jawa Barat, Denny tidak menyebut waktu perkiraan mulai pembangunan LP khusus itu, tapi mengatakan pembangunan akan dimulai dalam waktu dekat.

Dia juga tidak menjawab berapa jumlah LP khusus teroris yang akan dibangun Kemenkum HAM bersama BNPT.

Dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi III DPR, Senin (26/8), Pelaksana Harian Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Bambang Krisbanu mengatakan, kementeriannya bersama BNPT berencana membangun LP khusus teroris di Sentul.

Ketua BNPT Ansyaad Mbai mengatakan, pembangunan LP khusus teroris dilatarbelakangi kondisi LP yang ada tidak kondusif untuk pembinaan deradikalisasi.

Wakil Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsudin menyatakan, Komisi III sempat mengusulkan dana sebesar Rp1 triliun untuk pembangunan LP khusus teroris. (Antara)