AS Nilai Strategi Rusia di Suriah Cacat

Willy Haryono    •    Rabu, 07 Oct 2015 21:47 WIB
isis
AS Nilai Strategi Rusia di Suriah Cacat
Menhan AS Ashton Carter berpidato di Pangkalan Udara Nellis, Las Vegas, Nevada, AS, 26 Agustus 2015. (Foto: AFP / Isaac Brekken / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Roma: Amerika Serikat tidak akan bekerja sama dengan Rusia dalam bidang militer di Suriah. Alasannya, strategi perang Moskow di Suriah dinilai banyak kekurangan. 

Kendati begitu, AS bersedia berdiskusi masalah teknis untuk memastikan keselamatan pilot kedua negara. 

"Kami tidak siap bekerja sama dalam hal strategi, yang menurut kami masih banyak kekurangan dari kubu Rusia," ujar Menteri Pertahanan Ashton Carter dalam kunjungannya ke Roma, Italia, Rabu (7/10/2015). 

Rusia melancarkan serangan udara pertamanya di Suriah sepekan lalu. Presiden Vladimir Putin mengatakan serangan ini untuk menghabisi kelompok militan Islamic State (ISIS). Namun, ada beberapa serangan yang juga mengenai pemberontak, musuh Presiden Bashar al-Assad. 

"Terlepas dari apa yang dikatakan Rusiia, kami tidak setuju untuk bekerja sama dengan Rusia selama mereka masih melakukan strategi yang salah dan menghantam target-target itu (pemberontak)," tegas Carter. 

"Apa yang akan kami lakukan dengan Rusia adalah diskusi teknis mengenai standar prosedur keselamatan pilot-pilot kami di Suriah," sambung dia, seperti dilansir Reuters.

Sebelumnya, Rusia mempertimbangkan proposal AS untuk mengkoordinasikan operasi melawan ISIS di Suriah. 

"Kementerian Pertahanan Rusia telah menjawab permintaan Pentagon dan memeriksa proposal Amerika terkait koordinasi operasi terhadap ISIS di wilayah Suriah," lapor kantor berita Rusia, mengutip perkataan juru bicara Kemenhan Igor Konashenkov. 

"Secara keseluruhan, proposal ini dapat diterapkan. Kami akan mengklarifikasi beberapa detail teknis operasi dengan orang-orang Pentagon," tambah dia.

AS dan Rusia telah berdiskusi pekan lalu -- atas permintaan Rusia -- dalam menerapkan sejumlah langkah agar operasi udara kedua negara di Suriah tidak bentrok.


(WIL)