Anggaran Pembelian Motor Kades di Brebes Hampir Rp5 Miliar

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 08 Oct 2015 11:26 WIB
anggaran
Anggaran Pembelian Motor Kades di Brebes Hampir Rp5 Miliar
Emastoni Ezam (kiri) memberi keterangan pers di kantor Setda Brebes. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengucurkan anggaran sebesar Rp4,96 miliar untuk pembeliaan sepeda motor operasional kepala desa (Kades). Anggaran dari APBD Perubahan tahun 2015 ini akan direalisasikan paling lambat akhir Desember mendatang.

“Anggaran sebanyak itu untuk membeli 297 unit sepeda motor. Peruntukannya bagi seluruh kades dan lurah di wilayah Kabupaten Brebes. Yakni, sebanyak 292 unit bagi kades dan lima unit bagi lurah,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Brebes, Emastoni Ezam, Kamis (8/10/2015).

Emastono mengatakan, sepeda motor operasional desa saat ini sudah tidak layak lagi. Pembelian sepeda motor itu dilakukan sebagai upaya mendorong peningkatan kinerja Kades dan perangkat desanya.

Dari sebanyak 297 unit sepeda motor itu, rinciannya 184 unit jenis motor bebek dan 113 unit jenis motor sport. Jenisnya disesuaikan dengan wilayah masing-masing desa berdasarkan kondisi geografis wilayah.

Sepeda motor operasional bagi kades diberikan setiap lima tahun sekali. Sepeda motor yang lama, nantinya tidak akan ditarik, tetapi diberikan kepada perangkat desa. Karena, kebutuhan kendaraan operasional di desa masih belum mencukupi untuk menunjang pelayanan prima.

“Dengan adanya sepeda motor operasional kades yang baru itu, diharapkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga semakin meningkat,” katanya.


(SAN)