Kementerian ESDM-ADB Teken MoU Energi Bersih

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 08 Oct 2015 12:00 WIB
energikementerian esdm
Kementerian ESDM-ADB Teken MoU Energi Bersih
Menteri ESDM Sudirman Said. (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said hari ini melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Momerandum of Understanding/MoU) dengan Asian Development Bank (ADB) terkait tentang pengembangan pusat riset dan teknologi energi bersih di Indonesia.

Dalam sambutannya, Sudirman mengatakan tujuan MoU ini untuk memfasilitasi penelitian, investasi yang efektif, dan membantu penyebaran teknologi energi terbarukan yang dikembangkan oleh sektor swasta dan publik.

"Penandatanganan MoU untuk pengembangan pusat riset teknologi energi bersih ini memegang peranan penting karena mendukung upaya pemerintah mencapai target penggunaan energi terbarukan hingga 25 persen di 2025," kata Sudirman, di Hotel Mandarin, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Sudirman menjelaskan, pihak ADB berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia melalui bantuan teknis dan memberikan rekomendasi strategis terkait pengembangan energi terbarukan, termasuk dari mitra internasional.

"Salah satu bagian komitmenya adalah mendukung pengembangan pusat riset dan teknologi energi bersih di Bali," ucap dia.

Sementara itu, Country Director of ADB, Steven R Dabor mengatakan, sangat menghargai MoU ini untuk mendukung sektor energi Indonesia ADB memberikan pinjaman sebesar USD5 miliar.

"Itu USD5 miliar. Jadi itu kunci kemajuan energi di Indonesia adalah teknologi energi bersih. Kita bantu sekuat mungkin untuk inovasi teknologi energi bersih di mana-mana baik di dalam negeri atau yang masuk di luar," kata Steven.

Diharapkan, lanjut Sudirman, pertumbuhan ekonomi Indonesia pun akan terbantu oleh pengembangan energi bersih. Karena pemerintah menetapkan untuk melakukan reformasi di sektor energi sehingga membuka peluang investasi.


(AHL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

16 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA