Tuntut Kenaikan Upah, Buruh di Jombang Datangi Pemkab dan Doakan Salim Kancil

Nurul Hidayat    •    Kamis, 08 Oct 2015 12:28 WIB
demo buruh
Tuntut Kenaikan Upah, Buruh di Jombang Datangi Pemkab dan Doakan Salim Kancil
Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa menuntut kenaikan upah di depan Gedung Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (8/10/2015). MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Mereka menuntut kenaikan upah minimum Kabupaten Jombang dari Rp1,7 juta menjadi Rp2,7 juta.

"Hingga saat ini belum ada pembahasan di dewan pengupahan, atau memang sengaja tidak dibahas," ujar Koordinator aksi, Herusandi, Kamis (8/10/2015).

Perwakilan buruh diterima Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Jombang, namun, pertemuan di Ruang Kartini itu tidak membuahkan hasil.

"Tugas saya di sini hanya menerima namun tidak berhak untuk menyampaikan keputusan," ujar perwakilan dari Disnaker Kabupaten Jombang, Aryono, kepada Metrotvnews.com.

Usai menyampaikan tuntutan, perwakilan buruh berjanji melakukan aksi lebih besar pada Selasa, 13 Oktober. Hari itu bertepatan dengan sidang pleno penetapan upah minimum Kabupaten Jombang.

Selain menyampaikan tuntutan, aksi juga dilakukan dalam rangka bentuk solidaritas terhadap Salim Kancil, petani yang tewas dibunuh karena menolak penambangan pasir di Lumajang.

"Mari kita sejenak menundukan kepala dan berdoa sesuai dengan keyakinan kita agar Salim Kancil diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan Tosan (kolega Salim yang juga dianiaya) segera diberikan kesembuhan," ujar salah satu demonstran, Kasiono, di hadapan ratusan buruh.

Setelah selesai berdoa, Kasiono berharap tragedi Salim Kancil tidak terulang. Dia juga berharap aparat kepolisian berperan aktif dalam melindungi warganya.

"Jangan lagi ada pembiaran, dan kita juga sering mendapatkan intimidasi sesudah melakukan aksi, kita harap pihak kepolisian pro aktif," imbuh Kasiono.
 


(SBH)

Nurdin Halid Ingin Novanto Ditarik dari Jabatan Ketua DPR

Nurdin Halid Ingin Novanto Ditarik dari Jabatan Ketua DPR

3 minutes Ago

Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid berharap rapat pleno memutuskan Setya Novanto (SN) dita…

BERITA LAINNYA