Mampukah Belanda Lolos dari Lubang Jarum?

Achmad Firdaus    •    Kamis, 08 Oct 2015 12:59 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
Mampukah Belanda Lolos dari Lubang Jarum?
Skuat Timnas Belanda saat berhadapan dengan Turki di babak kualifikasi Piala Eropa 2016 (Foto: AFP PHOTO/STRINGER)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perhelatan akbar sepak bola bertajuk Piala Eropa 2016 akan bergulir kurang dari setahun lagi. Prancis yang jadi tuan rumah siap menyuguhkan atmosfer yang tidak terlupakan untuk para kontestan dan juga penonton.

Delapan bulan jelang penyelenggaran, 53 negara dari berbagai penjuru Eropa masih bersaing ketat di babak kualifikasi untuk memperebutkan 23 tiket ke babak utama. Adapun satu tiket tersisa sudah pasti milik Prancis yang otomatis lolos karena berstatus tuan rumah.

Gambaran tim-tim yang akan lolos pun mulai bisa diketahui jelang berakhirnya fase kualifikasi. Sejumlah tim-tim unggulan seperti Jerman, Spanyol, Inggris, Italia, dan Portugal sepertinya bakal lolos ke Prancis. Mereka saat ini masih bercokol di puncak klasemen Grup masing-masing.

Anomali hanya terjadi pada Belanda yang kini terancam terkena kutukan juara ketiga Piala Dunia. Belanda yang menyandang predikat juara Piala Dunia 2014, terancam melanjutkan "kutukan" seperti yang dialami Prancis ketika gagal lolos ke Piala Eropa 1988 meski berstatus peringkat tiga Piala Dunia 1986.

Selain Prancis, beberapa negara lain yang pernah merasakan kutukan tersebut antara lain, Portugal (1968), Polandia (1976 & 1984), Italia (1992), Swedia (1996), Kroasia (2000), dan teranyar adalah Turki yang merasakan pahitnya gagal lolos putaran final Piala Eropa 2004 di Portugal meski sempat membuat kejutan dengan jadi juara tiga pada Piala Dunia 2002.

Potensi Belanda untuk melanjutkan kutukan tersebut sangat terbuka. Saat ini, Robin van Persie dan kawan-kawan masih tercecer di posisi empat klasemen sementara Grup A. Meski sudah ditukangi dua pelatih, yakni Guus Hiddink dan kini Danny Blind, Belanda belum mampu tampil moncer lantaran sudah menelan empat kekalahan dari delapan laga. Dengan hanya mengoleksi 10 poin, peluang Belanda untuk lolos sangat tipis lantaran pertandingan kualifikasi hanya menyisakan dua laga. 

Peluang untuk lolos otomatis sudah tertutup lantaran poin yang dimiliki Belanda tidak cukup untuk bisa mengejar Republik Ceko dan Islandia yang sudah memastikan tiket lolos dengan koleksi 19 poin.

Kini, satu-satunya harapan De Oranje adalah berjuang lewat jalur play-off. Namun, untuk bisa mendapatkan tiket tersebut, Belanda harus mengakhiri babak kualifikasi di peringkat tiga. Saat ini, posisi tersebut ditempati Turki dengan koleksi 12 poin atau unggul dua poin dari Belanda.

Dengan fakta ini, Belanda mau tidak mau wajib memenangi dua laga tersisa, yakni saat tandang ke markas Kazakhstan (10/10/2015) dan menjamu Republik Ceko, empat hari berselang.

Akan tetapi, hal tersebut belum tentu cukup. Selain harus menyapu bersih kemenangan, Belanda juga harus berharap Turki minimal menelan satu kekalahan di dua pertandingan terakhirnya melawan dua tim yang sudah dipastikan lolos, Republik Ceko dan Islandia.

Jika skenario di atas jadi kenyataan, maka Belanda masih memiliki peluang untuk berjuang memutus "kutukan" dan lolos lewat jalur play-off. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, maka fan Belanda yang terkenal loyal dalam memberikan dukungan, harus gigit jari.

Berikut klasemen sementara Grup A yang menyisakan 2 laga:

Negara Main M S K MG KG SG Poin
Islandia 8 6 1 1 15 3 +12 19
Rep.Ceko 8 6 1 1 16 10 +6 19
Turki 8 3 3 2 11 9 +2 12
Belanda 8 3 1 4 13 10 +3 10
Latvia 8 0 4 4 4 16 -12 4
Kazakhstan 8 0 2 6 5 16 -11 2



(ACF)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA