Bus Domapan Mulai Beroperasi November

Patricia Vicka    •    Kamis, 08 Oct 2015 13:04 WIB
transportasi
Bus Domapan Mulai Beroperasi November
Bus Domapan saat melintas di Tugu Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kota Yogyakarta mempunyai ikon baru pariwisata, yakni Bus Domapan. Namun, Bus tingkat yang diluncurkan pada Senin 5 Oktober lalu baru bisa dipakai untuk umum pada November mendatang.

"Kami masih menunggu izin-izin legalitas selesai seperti surat izin operasi dan sertifikat izin keramaian. Target, November bus sudah bisa beroperasi," tutur operator pengelola Bus Domapan Harry Saputro kepada Metrotvnews.com, Kamis (8/10/2015).

Nantinya, jika sudah beroperasi, penumpang yang naik tak dipungut biaya. "Karena ini kan bus ikon wisata, penumpang yang naik gratis enggak bayar. Mereka kita ajak merasakan sensasi naik bus tingkat sambil melihat Kota Yogyakarta," kata dia.

Ditahap awal, rute yang dilalui sama dengan saat peluncuran. Yakni Taman Pintar, keliling Beteng Keraton Yogyakarta, PKPU Jalan Ahman Dahlan kembali ke Taman Pintar.

"Bus ini enggak punya halte. Tempat awal dan akhir naik bus ada di Taman Pintar. Penumpang yang naik enggak boleh berhenti di tengah jalan. Mereka harus ikut dari awal sampai akhir. Berhubung masih satu bus, rutenya sama seperti peluncuran," jelasnya.

Harry melanjutkan, sejak awal diluncurkan antusiasme warga yang ingin merasakan keliling naik bus Domapan banyak terlihat. Dalam sehari, pihaknya bisa menerima puluhan panggilan telepon dan ratusan pesan singkat pertanyaan dari warga Yogyakarta.

"Kemarin saja saya dapat 350 sms yang menanyakan Domapan. Kebanyakan tanya kapan bisa digunakan dan bayar berapa sekali naik. Ya kami harap masyarakat untuk bersabar menunggu," tegasnya.

Nantinya, jika sudah bisa dipakai umum, bus akan beroperasi dari jam 08.00-16.00 WIB. Bus bisa menampung hingga 40 orang penumpang.


(SAN)