Kemenhub Perkuat Kapasitas Sukseskan Tol Laut

Angga Bratadharma    •    Kamis, 08 Oct 2015 14:53 WIB
tol laut
Kemenhub Perkuat Kapasitas Sukseskan Tol Laut
Dirjen Perhubungan Laut, Kemenhub, Bobby R Mamahit (kiri) menjelaskan program Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (MI/ADAM DWI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menambah kapasitas terkait kesiapan membangun tol laut. Dalam hal ini, Kemenhub terus melakukan berbagai macam upaya agar pembangunan tol laut berjalan sebagaimana mestinya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Bobby R Mamahit mengatakan, sejauh ini Kemenhub terus menambah kapasitas dengan cara menyiapkan sarana dan prasarana demi menyukseskan program tol laut. Persiapan itu seperti perbaikan sejumlah pelabuhan dan meningkatkan fasilitas yang ada.

"Republik ini sudah dilayani kapal perintis dan kapal komersial serta singgah dipelabuhan yang dikelola Pelindo dan dikelola Pemerintah. Kami tinggal tingkatkan dan tambah kapasitas dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang ada," ungkap Bobby, dalam sebuah diskusi, di Kantor Media Group, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Selain itu, persiapan yang dilakukan adalah upaya sinergi antar pelabuhan yang ada di Tanah Air termasuk bagaimana langkah Kemenhub menyiapkan jaringan yang berafiliasi dengan luar negeri. Tidak ditampik, upaya yang dilakukan ini tidak mudah mengingat butuh koordinasi yang baik agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

"Karena tidak bicara fisik tapi juga sinergi dengan pelabuhan lain. Suatu sistem tidak hanya fisik saja tapi bagaimana menyiapkan jaringan berafiliasi di luar negeri. Ini membutuhkan effort yang susah," pungkasnya.



(ABD)