BRI Bentuk UMKM Menangkan Persaingan Global

   •    Kamis, 08 Oct 2015 15:39 WIB
bri
BRI Bentuk UMKM Menangkan Persaingan Global
Ilustrasi BRI (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Manado: Bank Rakyat Indonesia (BRI) Manado membentuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan tujuan memperkuat kapasitas diri guna memenangkan persaingan regional yang semakin ketat. Komitmen BRI mendukung sektor UMKM dibuktikan dengan ada sekitar 8.000 lebih unit kerja mikro yang didedikasikan BRI untuk melayani pengusaha di sektor riil.

"Penguatan UMKM ini dilakukan lewat serangkaian seminar yang dilakukan di enam kota di Indonesia yakni Balikpapan, Manado, Medan, Semarang, Mataram dan Jakarta," kata Pemimpin Wilayah BRI Manado Yoshua Palti Hutapea, seperti dikutip Antara, di Manado, Kamis (8/10/2015).

Menurutnya, lewat seminar ini nantinya bisa mengembangkan bisnis di sektor UMKM serta memberikan gambaran umum mengenai peran BRI dari segi layanan jasa perbankan dalam membantu sektor tersebut sehingga dapat tumbuh berkelanjutan dan berdaya saing.
 
Dalam hal ini, jelas Yoshua, UMKM memiliki peran yang strategis dalam perekonomian baik nasional maupun daerah. Ketangguhan UMKM dalam menghadapi setiap krisis ekonomi yang pernah terjadi di negeri ini menjadikan sektor tersebut memiliki daya tarik yang tinggi.

Tak hanya di Indonesia, lanjutnya, di ASEAN pun sektor UMKM menjadi alternatif dalam menghadapi situasi perekonomian yang tidak menentu. Mengingat begitu potensialnya bisnis di sektor UMKM, BRI memberikan porsi yang sangat besar dalam menyalurkan kredit. 

"Sekitar 80 persen dari portofolio kredit BRI disalurkan ke UMKM," pungkasnya. 


(ABD)

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

34 minutes Ago

Tak sembarang orang bisa masuk ke lokasi sidang praperadilan Ketua  DPR Setya Novanto itu.…

BERITA LAINNYA