4,3 Juta Orang di Jawa Timur belum Kantongi e-KTP

Amaluddin    •    Kamis, 08 Oct 2015 15:47 WIB
e-ktp
4,3 Juta Orang di Jawa Timur belum Kantongi e-KTP
Foto: Seorang pelajar saat dibuatkan e-KTP/MI_Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 4,3 juta orang wajib kartu tanda penduduk (KTP) di Jawa Timur belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Hasil rekam e-KTP di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur hingga Agustus 2015 mencatat baru 85,27 persen dari 29,5 juta orang wajib KTP atau sebanyak 25,2 juta orang yang baru mengantongi e-KTP.

"Dari 25,2 juta total perekaman hasil cetaknya sebanyak 23,1 juta atau sekitar 91,7 persen, yang belum tercetak 2,1 juta jiwa dan hasil cetak yang rusak sebanyak 268.954 jiwa atau 1,16 persen," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Surabaya, Kamis (8/10/2015).

Pakde Karwo, demikian ia kerap disapa, mengatakan, banyaknya orang wajib KTP yang belum memiliki e-KTP di antaranya karena pindah tidak lapor. Selain itu, ada juga yang meninggal dunia tidak terlapor, bekerja di luar kota provinsi atau luar negeri, dan sekolah di luar Jawa Timur.

Karwo mengatakan, e-KTP sangat penting sebagai single identity number (SId). Semua urusan yang memerlukan identitas diri dapat terdeteksi menggunakan e-KTP. Meski demikian, butuh penguatan infrastruktur dan sistem teknologi informasi (TI) menuju SId.

"Jangan sampai proyek kependudukan ini dikerjakan oleh pihak lain diluar Kemendagri, karena datanya bisa diambil dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab," ujar dia.

 


(TTD)