Umur KPK Diusulkan 12 Tahun, Kapolri: Bukan Harga Mati

Renatha Swasty    •    Kamis, 08 Oct 2015 16:08 WIB
revisi uu kpk
Umur KPK Diusulkan 12 Tahun, Kapolri: Bukan Harga Mati
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti----MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diusulkan dalam draf revisi Rancangan UU KPK hanya 12 tahun. Namun, pembatasan usia tersebut dinilai Kepala Polisi Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti bukan harga mati.

"Ya itu kan baru diusulkan belum bahas. Kita lihat dinamikanya nanti kan itu juga bukan harga mati, masih bisa didiskusikan dan bisa dibahas," kata Badrodin ditemui usai penandatangan nota kesepahaman di Gedung Bawaslu, Jalan M.H. Thamnrin, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2015).

Badrodin mengatakan, revisi UU KPK yang diajukan adalah hak penuh DPR. Polri sebagai lembaga yang juga menjadi pihak yang menjalankan UU, hanya dapat mengikuti perundangan yang berlaku.

Meski begitu, Badrodin mengaku, tak mau berkomentar lebih soal masalah umur KPK. "Kalau UU kan ada naskah akademik argumentasi ilmiah. Tapi saya enggak tahu naskah akademiknya," ujar Badrodin.

Wacana revisi UU KPK kembali menghangat. Revisi itu diusulkan enam fraksi, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKB, Fraksi PPP, Fraksi Partai NasDem, dan Fraksi Hanura. Pengusul terbanyak dari Fraksi PDI Perjuangan, yakni 15 anggota, diikuti NasDem 12 anggota, Golkar sembilan anggota, PPP lima anggota, dan Hanura tiga anggota.

Salah satu tema yang diangkat adalah pembatasan waktu kerja buat KPK, yang dibatasi 12 tahun setelah UU tersebut diundangkan. Kemudian, soal pencabutan kewenangan pemberantasan korupsi yang diganti menjadi pencegahan.


(TII)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA