Tanah Galian MRT Bakal Didaur Ulang

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 08 Oct 2015 16:21 WIB
mrt
Tanah Galian MRT Bakal Didaur Ulang
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama----MTVN/Mei

Metrotvmews.com, Jakarta: Tanah bekas galian pengeboran proyek Mass Rapid Transit (MRT) bakal didaur ulang. Tanah tersebut bakal dibuat menjadi bahan bangunan pembuatan Rumah Susun di Ibu Kota.

"Tanah kerukan penggalian MRT untuk bangun rumah susun," kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/10/2015).

Ahok menceritakan, tanah itu sisa kerukan MRT yang sudah tercampur dengan sejumlah cairan kimia. Demi efisiensi, kata Ahok, tanah tersebut dipergunakan lagi untuk membangun rusun.

"Tanah itu dicampur dengan mineral bentonex supaya tanahnya cair dan gampang dikeruk. Nanti setelah kering dikeruk lalu diangkut untuk bangun rusun," jelas dia.

Ahok menyebut, tanah tak berbahaya meski tercampur bahan kimia. Dia pun berencana menggunakan lahan tersebut untuk mendirikan rusun di kawasan Cengkareng.

"Kita sudah punya teknologi buat bangun rusun seperti itu. Kalau tanah sudah ada bisa dikirim dulu, buat di Cengkareng," tandas dia.


(TII)