Masih Ada Musisi Raih Penjualan 1 Juta Kopi di Era Digital

Agustinus Shindu Alpito    •    Kamis, 08 Oct 2015 18:03 WIB
musik indonesia
Masih Ada Musisi Raih Penjualan 1 Juta Kopi di Era Digital
Vokalis band Noah, Ariel (Foto:Antara/Teresia May)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sheila On 7, Dewa, Jamrud, dan Padi, merupakan band yang sempat merasakan masa jaya era penjualan musik dalam format fisik, CD, dan kaset.

Tiga album perdana Sheila On 7 bahkan berhasil menembus penjualan lebih dari satu juta kopi. Membuat mereka dijuluki "band satu juta kopi."

Setelah dunia digital merangsek masuk ke berbagai lapisan masyarakat, cara menikmati musik pun berbeda. Mengunduh file Mp3 menjadi hal yang lumrah.

Cara baru menikmati musik itu membuat banyak musisi dan pelaku industri musik kebakaran jenggot. Lalu, mereka beramai-ramai mengampanyekan perang terhadap pembajakan musik digital.

Musisi dan masyarakat pun seperti tercuci pikirannya, bahwa pada era digital sekarang ini, sudah tidak ada lagi musisi yang bisa merebut titel "sejuta kopi," seperti yang dialami band-band terdahulu.

Hingga detik ini, penjualan fisik masih dilakukan. Meski toko-toko musik tak lagi sebanyak dulu, tetap saja rilisan fisik masih diburu. Berbagai cara juga ditempuh untuk mendistribusikan rilisan fisik dengan cara yang efisien. Salah satunya, menjual CD album musik lewat restoran cepat saji.

Ternyata, penjualan CD lewat restoran cepat saji bisa mengulang kejayaan penjualan album yang fantastis.

Syafia Wardhana, Media & Promotion Manager PT. Music Factory Indonesia dan PT Swara Sangkar Emas, pihak yang ikut membantu proses penjualan CD via restoran cepat saji KFC, mengungkapkan bahwa masih ada penyanyi dan band yang menjual CD lebih dari satu juta kopi.

"Yang pasti, Agnes Monica meraih 2 juta kopi. Noah hampir 2 juta kopi, IDP (Indah Dewi Pertiwi) 1 juta kopi, Rossa hampir 1 juta kopi, Slank 1 dan Slank 2 mendapat total 1 juta kopi," kata Syafia saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (8/10/2015).

Album yang dimaksud Syafia adalah album Agnes is My Name (2011), Seperti Seharusnya (Noah, 2012), The Best of Rossa (2011),  Hipnotis (IDP, 2010), I Slank U, dan Anthem for The Broken Heart (Slank, 2012).

Kendati demikian, penyebutan embel-embel "sejuta kopi" sejatinya bukan saja karena penjualan album yang fantastis. Titel tersebut sebagai penggambaran idiom tentang popularitas dan kebesaran band itu sendiri di mata masyarakat.

Sebagaimana kita tahu, pada awal tahun 2000-an, Sheila On 7 dan Padi sangat diterima masyarakat. Nama mereka harum. Di banyak tempat kita bisa melihat foto para personel band tersebut dan mendengar lagunya diputar di tempat umum.


(ROS)