Setelah MiFi, Smartfren Mau Garap Smart Home

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 09 Oct 2015 09:44 WIB
smartfren telecom
Setelah MiFi, Smartfren Mau Garap Smart Home
Arya Mada Prasaja dari Data & IOT Services Smartfren Telecom.

Metrotvnews.com, Seoul: Perusahaan telekomunikasi Indonesia, Smartfren Telecom, berencana untuk memperluas pasar produk mereka. Setelah merilis perangkat mobile WiFi alias MiFi, mereka menyatakan rencana untuk menggarap keperluan smart home. Hal tersebut disampaikan oleh pihak Smartfren Telecom di sela-sela kunjungan pabrik LG Innotek di Korea Selatan (5/10/2015).

“Kita punya rencana untuk menggarap produk terkait home solution. Tahap awalnya adalah perangkat yang berperan sebagai penghubung dengan internet. Soalnya, membicarakan smart home itu, perangkatnya ada banyak sekali,” kata Arya Mada Prasaja, Data & IOT Services Smartfren Telecom.

Konsep smart home sudah menjadi bahan perbincangan para pelaku industri perangkat. Menciptakan sebuah rumah yang dipenuhi dengan perangkat pintar diharapkan membuat pemiliknya menjalankan berbagai aktifitas sehari-hari dengan nyaman. Tren smart home juga terus berkembang seiring dengan kemajuan tren Internet of Things.

Namun, rencana ini tampaknya baru bisa direalisasikan pada akhir tahun 2016. Hal tersebut dikarenakan Smartfren baru mulai merambah pasar perangkat pendukung smartphone melalui merek Andromax. Target terdekat yang ingin mereka capai dalam waktu dekat sampai tahun depan adalah merilis varian MiFi lain yang mendukung lebih dari satu frekuensi.
 


(ABE)