Kritis Terhadap PM Malaysia, Seorang Pengacara Ditahan

Fajar Nugraha    •    Jumat, 09 Oct 2015 11:58 WIB
najib razak
Kritis Terhadap PM Malaysia, Seorang Pengacara Ditahan
ilustrasi penangkapan (Foto: Russia Today)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Kepolisian Malaysia menangkap dan menahan seorang pengacara setempat yang dianggap kritis terhadap Perdana Menteri Najib Razak.

Matthias Chang ditangkap pada Kamis (8/10/2015) saat mengunjungi kliennya, Khairuddin Abu Hassan. Hassan merupakan mantan anggota Partai Umno yang juga ditangkap pada September lalu.

Chang sendiri ditangkap setelah meminta agar penegak hukum Amerika Serikat (AS) menyelidiki kasus dugaan korupsi yang melibatkan PM Najib.

Namun pihak Kepolisian Malaysia menolak untuk mengkonfirmasi apa dakwaan yang diarahkan kepada Chang. Mereka memastikan bahwa Chang saat ini sudah berada di dalam tahanan. Demikian diberitakan Reuters, Jumat (9/10/2015).

Kasus dugaan korupsi yang melibatkan PM Najib merebak pada Juli lalu. Saat itu ada dugaan bahwa uang sebesar USD700 juta masuk ke dalam rekening pribadi Najib, dari perusahaan 1 Malaysia Development Berhard (1MDB).

Najib yang menjadi Ketua Dewan Penasihat 1MDB membantah telah menerima uang dari perusahaan pemerintah itu. Chang adalah pengacara dari Khairuddin.

Khairuddin ditangkap saat hendak berangkat ke Amerika, untuk membujuk polisi AS menyelidiki skandal 1MDB.  Menurut sebuah blog, Chang saat ini melakukan protes mogok makan atas penangkapannya.

Chang juga dikenal sebagai rekan dari mantan PM Malaysia Mahathir Mohammad yang memimpin kampanye agar Najib turun dari jabatannya.


(FJR)