PHK 4.900 Karyawan, Bos Sampoerna: Hati Saya Hancur

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 09 Oct 2015 12:17 WIB
sampoerna
PHK 4.900 Karyawan, Bos Sampoerna: Hati Saya Hancur
Presiden Direktur HM Sampoerna Paul Norman Janelle‎ (kanan) saat konferensi pers. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Manajemen PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) membenarkan telah memecat atau memutuskan hubungan kerja (PHK) 4.900 karyawan di tahun lalu.

"Ini terkait pasar tembakau. Saya mendengar sebanyak 32 ribu karyawan ada yang keluar. Untuk perseroan tahun lalu tutup dua pabrik, dari dua pabrik ada sebanyak 4.900 karyawan," kata Presiden Direktur HM Sampoerna Paul Norman Janelle‎, ketika ditemui usai acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) HM Sampoerna, di One Pacific Place SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Adanya pengurangan karyawan‎ tahun lalu, sebut dia, pihaknya sangat terpukul serta membuat hatinya pecah. Oleh karena itu, dia berharap langkah PHK tidak terulang kembali di tahun ini.

"Hati saya pecah dan hancur mendengarkan ada PHK. Tahun ini, semoga tidak ada PHK kembali," keluh Paul.

Setelah PHK, menurut Paul, perseroan tidak serta merta melepaskan tanggung jawab terhadap karyawan‎ yang sudah dirumahkan. Perseroan pun memberikan kompensasi kepada karyawan yang di-PHK. Tidak hanya itu, mereka juga diberikan pelatihan khusus terkait kewirausahaan.

"Mereka diberikan pelatihan, mereka pergi ke pusat pelatihan kewirausahaan yang dimiliki perusahaan di dekat Pasuruan. Sehingga mereka bisa melanjutkan penghidupan yang layak ke depannya. Mereka juga dapat kompensasi," pungkas dia.


(AHL)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

2 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA