Hipmi: Paket Ekonomi Bantu Industri Listrik

   •    Jumat, 09 Oct 2015 13:50 WIB
paket kebijakan ekonomi
Hipmi: Paket Ekonomi Bantu Industri Listrik
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Oky Lukmansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menilai paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan pemerintah beberapa waktu lalu, terutama terkait dengan tarif listrik sangat membantu pelaku industri.

"Paket kebijakan ekonomi jilid III, khususnya insentif listrik, membantu pelaku industri," kata Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian, dan BUMN Hipmi Ian Dafy Fachry, seperti dikutip Antara, di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Menurut dia, penurunan Tarif Dasar Listrik (TDL) dinilai bakal memberikan dampak yang secara langsung sedangkan penurunan harga solar dinilai bakal berdampak secara tidak langsung.

"Penurunan harga BBM solar Rp200 per liter memang membantu dalam dunia industri, kita tidak pungkiri, terutama untuk transportasi. Kalau solar turun, dampaknya tidak langsung, kalau TDL langsung," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan di bidang listrik untuk industri yang dikemas dalam paket kebijakan ekonomi jilid III. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan bahwa pemerintah memberikan tiga jenis insentif bagi industri di bidang listrik.

"Insentif yang pertama berupa penurunan tarif listrik secara adjustment. Listrik ditentukan ICP, kurs, dan inflasi. Apabila ini naik turun, akan terjadi adjustment," jelasnya.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA