PPI-Pos Indonesia Sinergi Stabilkan Harga Gula

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 09 Oct 2015 15:35 WIB
gula
PPI-Pos Indonesia Sinergi Stabilkan Harga Gula
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)/PPI bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) menjual dan mendistribusikan gula nasional jenis gula kristal putih (GKP). Kerja sama ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan stok dan harga gula nasional.

Direktur Utama PPI Dayu Padmara Rengganis mengatakan bahwa tujuan lain kerja sama ini adalah untuk membantu masyarakat untuk mencukupi kebutuhan akan komoditas gula.‎

"Demi terjaganya stok gula nasional serta kestabilan harga gula nasional sehingga dapat membantu masyarakat atau konsumen untuk mencukupi kebutuhannya akan gula dengan harga yang lebih terjangkau sehingga PPI dan Pos Indonesia sepakat untuk bekerja sama," kata Dayu, melalui penandatanganan nota kesepahaman yang tertuang dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Dayu mengatakan bahwa perusahaan pelat merah ini mendapatkan penugasan untuk menjaga pasokan dan harga gula berdasarkan Surat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) No. S-333/MBU/06/2015 pada tanggal 12 Juni 2015 tentang Pembelian Gula dalam Rangka Pembentukan Stok Gula Nasional dan Stabilisasi harga gula.

Adapun untuk tahun ini, BUMN ini akan mendistribusikan 200 ribu ton gula GKP. "PPI sebagai stabilisator harga GKP lewat konsep benchmarking harga untuk seluruh Indonesia yang nantinya akan dimanfaatkan oleh masyarakat," kata dia.

Dalam nota kesepahaman itu, PPI selaku pihak pertama adalah pemilik GKP yang akan dilakukan penjualan ke masyarakat. Sementara itu, Pos Indonesia akan menyediakan sistem penyaluran dan penjualan GKP seperti pengangkutan, gudang penyimpanan GKP milik PPI, dan tempat yang diperlukan.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PPI, Dayu Padmara Rengganis, dan Pelaksana Tugas Direktur Utama Pos Indonesia, Poernomo.


(AHL)