Alasan Tembakau Gorilla Dijual Sembunyi-sembunyi

Wanda Indana    •    Jumat, 09 Oct 2015 15:38 WIB
halusinasi tembakau gorilla
Alasan Tembakau Gorilla Dijual Sembunyi-sembunyi
Tembakau gorilla dijual bebas di media online

Metrotvnews.com, Jakarta: Penjual tembakau cap Gorilla masih menjajakan dagangannya sembunyi-sembunyi. Pasalnya, tembakau jenis ini dapat menimbulkan efek halusinasi seperti ganja.
 
"Kalau kata konsumen saya, efeknya sama kayak ganja, badan jadi ringan, kayak ketiban gorilla," kata salah seorang penjual tembakau gorila yang tak mau disebutkan namanya kepada Metrotvnews.com, Jumat (9/10/2015).
 
Selain itu, tembakau cap Gorilla hanya dijual online. Persediaan tembakau cap gorilla sangat terbatas.
 
"Barangnya terbatas, saya dapat dari atasan saya. Jual online juga banyak saingan, banyak penipuan, kalau nahab (bahan) kami pure (murni) tembakau Gorilla, kalau yang lain sudah dicampur sama tembakau biasa," ujarnya.
 
Wakasat Narkoba Polres Jaksel Kompol Agung Yudha mengatakan, pengedar tembakau Gorilla dapat dipidana. Meski zat adiktif yang terkandung dalam tembakau Gorilla tidak terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), namun peredaran n bahan makanan dan obat-obatan secara sembarangan tanpa pengawasan ahli atau badan tertentu dapat ditindak.
 
"Itu termasuk peredaran gelap, proses peredarannya ini yang bermasalah, dikeluarkan dengan tidak melalui ahli atau dunia farmasi dapat dipidana," kata Agung kepadaMetrotvnews.com, Rabu 7 Oktober.
 
Belum ada payung hukum terkait hukuman bagi pengedar tembakau cap Gorilla. Apalagi, sampai saat ini belum ada klaim tembakau cap Gorilla sebagai bahan berbahaya.


(FZN)