Jaksa Agung Belum Pastikan Deponeering Kasus BW

Antara    •    Jumat, 09 Oct 2015 16:17 WIB
bambang widjojanto tersangka
Jaksa Agung Belum Pastikan Deponeering Kasus BW
Jaksa Agung HM Prasetyo. Foto: Ismar Patrizki/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Jaksa Agung Muhammad Prasetyo belum akan mendeponeering (menghentikan kasus untuk kepentingan umum) terkait kasus pidana yang menyeret Wakil Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto.

"Kita belum bicara ke sana (deponeering). Tapi setiap perkara harus diselesaikan dengan tuntas. Bentuk penyelesaiannya seperti apa, kita lihat nanti," katanya di Jakarta, Jumat (9/10/2015), seperti dilansir Antara.

Deponeering merupakan hak prerogatif Jaksa Agung untuk mengenyampingkan perkara demi kepentingan umum atas perkara yang bersangkutan. Dia meyakini, Presiden tidak akan mengintervensi dalam penanganan perkara tersebut.

"Beliau tahu persis yang pasti hukum harus berjalan dengan koridornya. Kita akan selesaikan sesuai prosedur dan ketentuan yang ada," katanya.

Pelimpahan tahap II -- berkas dan tersangka -- dari Bareskrim Polri menyusul berkas BW (Bambang Widjojanto) sudah dilakukan pada September 2015, setelah berkasnya lengkap atau P21 terkait kasus kesaksian palsu saat dirinya menjadi kuasa hukum dalam perkara sengketa Pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2010.

BW dikenai Pasal 242 juncto Pasal 55 KUHP karena diduga mengarahkan saksi Ratna Mutiara untuk menyampaikan kesaksian palsu dalam sidang sengketa Pilkada tersebut. Saat itu, BW adalah kuasa hukum dari Ujang Iskandar yang kini menjabat sebagai Bupati. BW ditangkap dan ditetapkan tersangka oleh penyidik Bareskrim Polri pada Januari 2015.


(KRI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA