Pemerintah Bidik Rp10 Triliun dari Diskon Pajak Revaluasi Aset

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 09 Oct 2015 16:19 WIB
diskon pajak
Pemerintah Bidik Rp10 Triliun dari Diskon Pajak Revaluasi Aset
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membidik adanya tambahan penerimaan sebesar Rp10 triliun dari Pajak Penghasilan (PPh) final atas revaluasi aktiva tetap atau revaluasi aset yang dilakukan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Perkiraan adanya tambahan peneriman ini sejalan dengan DJP Kemenkeu akan memberikan fasilitas berupa diskon pajak bagi perusahaan BUMN atau perusahaan swasta yang melakukan revaluasi aset dari sepuluh persen menjadi tiga persen. 

"Rp10 triliun dari beberapa BUMN dengan asumsi tiga persen di tahun ini," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Mekar Satria Utama, dalam sebuah Media Gathering, di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (9/10/2015). 

Sejauh ini, sudah ada dua perusahaan pelat merah yang berkomitmen untuk me-revaluasi asetnya, salah satu yang sudah dalam proses yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN). "Ada dua. Satu lagi KAI atau bukan saya lupa. Tapi PLN yang sudah," ujarnya.

Dia menambahkan, bagi perusahaan swasta, diskon tarif PPH final revaluasi aset ini juga menarik. Malah, pengusaha swasta meminta tarifnya di-nolkan. Namun sayangnya, DJP Kemenkeu tidak mau mengabulkan. "Kalau nol yang terjadi malah degradasi penerimaan perpajakan ke depan," pungkas dia.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA