Kemungkinan Suku Bunga AS Naik Jadi Kendala BI Rate Turun

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 09 Oct 2015 16:22 WIB
bi ratesuku bunga
Kemungkinan Suku Bunga AS Naik Jadi Kendala BI Rate Turun
Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menjelaskan, peluang suku bunga acuan atau BI rate mengalami penurunan masih terkendala oleh kemungkinan the Fed menaikkan tingkat suku bunga di Amerika Serikat (AS).

"BI pada intinya menjaga prudent monetary policy. Situasi global kita masih menghadapi suku bunga AS yang akan naik," ungkap Mirza, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2015).

Meski kenaikan tingkat suku bunga di AS diyakini tidak akan terjadi pada tahun ini dan diperkirakan akan dilakukan di awal tahun depan, namun Mirza menegaskan bahwa BI tetap berupaya menjaga stabilitas. Hal ini dilakukan untuk memperkuat struktur pasar di Indonesia.

"Tapi kita tetap prudent jaga stabilitas, karena hanya dengan stabilitas pertumbuhan ekonomi akan terjadi," terang dia.

Sementara di sisi lain, masih kata Mirza, penguatan nilai tukar rupiah yang cukup signifikan diakui sebagai akibat dari faktor eksternal serta faktor internal yang mulai menunjukan perbaikan dari aspek reformasi struktural.

"Penguatan hari ini signifikan dan kemarin signifikan karena faktor fundamental. Artinya, memang pasar keuangan mungkin melihat Indonesia melakukan hal yang benar dan tepat terkait reformasi struktural," pungkasnya.



(ABD)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA