MedcoEnergi Akuisisi Lundin Indonesia Holding BV

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 09 Oct 2015 16:28 WIB
medco international
MedcoEnergi Akuisisi Lundin Indonesia Holding BV
Direktur Utama & CEO MedcoEnergi, Lukman Mahfoedz. (FOTO: MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan bahwa perseroan telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham dengan Lundin SEA Holding AB untuk mengakuisisi aset Lundin Indonesia Holding B.V.

Aset-aset di Indonesia yang diakuisisi termasuk hak partisipasi nonoperator  di Blok Lematang, dan hak partisipasi operator di South Sokang dan Blok Cendrawasih VII, serta Perjanjian Studi Bersama (Joint Study Agreement) atas Blok Cendrawasih VIII. Finalisasi transaksi ini menunggu persetujuan dari Pemerintah Indonesia.

"Akuisisi ini sejalan dengan tujuan perseroan untuk memaksimalkan produksi Lapangan Singa yang akan memberikan kontribusi terhadap total produksi gas perseroan sebesar 42 MMSCFD di 2015," papar Direktur Utama & CEO MedcoEnergi, Lukman Mahfoedz, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Lukman berharap, pemerintah dapat memberikan persetujuan atas transaksi ini dalam waktu dekat, mengingat MedcoEnergi sudah menjadi operator di Lematang PSC.

"Kami akan terus memasok gas kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan harga yang tepat," ujar dia.

Sebagai informasi, Lundin Indonesia Holding BV, perusahaan afiliasi yang sepenuhnya dimiliki oleh Lundin Petroleum AB (Lundin), merupakan perusahaan swasta asal Swedia yang aktif beroperasi di Eropa dan Asia Tenggara serta bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi.

Lundin menguasai 25,8824 persen hak partisipasi di Lapangan Singa (Lematang PSC), 100 persen hak partisipasi di Blok Cendrawasih VII (Cendrawasih VII PSC), 100 persen hak partisipasi di Cendrawasih VIII JSA, dan 60 persen hak partisipasi di Blok South Sokang (South Sokang PSC).


(AHL)