On This Day: Pangeran Roma Membuka Lembaran Baru Bersama Azzurri

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 10 Oct 2015 06:51 WIB
liga italiapada hari ini
<i>On This Day:</i> Pangeran Roma Membuka Lembaran Baru Bersama Azzurri
Francesco Totti (Foto: http://img.rasset.ie/)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika berbicara AS Roma, tentunya tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut nama Francesco Totti. Pemain yang kini sudah berusia 39 tahun itu merupakan simbol klub lantaran tidak pernah berganti klub sejak pertama kali menimba ilmu di akademi Giallorossi.

Akan tetapi, kali ini kita tidak akan berbicara soal karier Totti di Roma. Kali ini kita akan mengulas perjalanan karier sang Pangeran Roma di timnas Italia.

Totti memainkan debutnya bersama Timnas Italia pada 10 Oktober 1998, atau tepat hari ini 17 tahun silam. Dino Zoff, kiper legendaris Italia yang saat itu menjadi pelatih, memberikan kepercayaan Totti yang saat itu berusia 22 tahun untuk tampil bersama Timnas senior Italia.

Zoff memilih Totti lantaran prestasi apiknya bersama Timmas Italia U-16, U-19, dan U-21 di mana ia mengantar Italia merebut gelar Piala Eropa U-21 pada 1996.

Debut Totti di timnas senior terjadi saat Italia berhadapan dengan Swiss di babak kualifikasi Piala Eropa 2000. Meski tidak mencetak gol di laga itu, Totti yang bermain sebagai second striker turut membantu Azzurri menekuk Swiss dengan skor 2-0.

Sejak saat itu, ia pun terus dipercaya menghuni skuat Azzurri, bahkan masuk skuat inti pada Piala Eropa 2000 di Belgia dan Belanda. Dia mencetak dua gol di turnamen tersebut dan membantu Italia melaju hingga final. Sayang, di partai puncak Italia harus kalah dramatis dari Prancis dengan skor tipis 2-1. Gol  Marco Delvecchio berujung sia-sia lantaran Prancis membalas lewat Sylvain Wiltord di masa injury time, sebelum David Trezeguet mencetak gol kemenangan di masa perpanjangan waktu.

Penampilan apiknya di Piala Eropa 2000 membuat Totti masuk dalam 23 pemain terbaik pilihan UEFA. Dan setelah itu, ia jadi langganan timnas di tiap kejuaraan besar.

Puncak karier Totti bersama Timnas Italia terjadi pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Italia dibawanya melaju hingga babak final dan kembali berhadapan dengan Prancis. Italia sukses menuntaskan dendamnya enam tahun silam dengan menggebuk Prancis lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1. Pertandingan ini juga menghadirkan kisah kontroversi di mana Zinedine Zidane menanduk dada Marco Materrazzi.

Kesuksesan menjuarai Piala Dunia menjadi penutup karier gemilang Totti bersama Timnas Italia. Sebab setelah itu, ia memutuskan pensiun.

Selama delapan tahun kariernya di skuat Azzurri, Totti tampil di empat kejuaraan besar (Piala Eropa 2000 dan 2004 serta Piala Dunia 2002 dan 2006). Totti mencatatkan 58 caps dan mencetak sembilan gol.

 


(ACF)