Temui BKPM, Gubernur Okoyama Jepang Minat Perpanjang Investasi

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 10 Oct 2015 09:24 WIB
bkpm
Temui BKPM, Gubernur Okoyama Jepang Minat Perpanjang Investasi
Gubernur Okayama Prefecture Ibaragi Ryuta saat bertemu dengan Kepala BKPM Franky Sibarani. (FOTO: dokumentasi BKPM)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Okayama Prefecture, Jepang, Ibaragi Ryuta menyampaikan minat perusahaan industri komponen di Okoyama untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Minat perusahaan dari prefecture Okoyama tersebut menambah daftar panjang minat investasi dari negeri Sakura. Dalam kunjungannya ke kantor BKPM, Ibaragi Ryuta mengatakan industri komponen selama ini memasok produsen mobil Mitsubishi untuk mendirikan pabrik komponen di Indonesia.

"Saat ini ada 422 perusahaan di wilayah prefecture Okoyama yang investasi ke luar Jepang. Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan-perusahaan besar yang melakukan investasi di Indonesia,” ujar Ibaragi di kantor BKPM dalam siaran persnya, Sabtu (10/10/2015).

Ibaragi menyampaikan, minat investasi perusahaan Jepang ke Indonesia sangat besar. Hanya saja Gubernur Ibaragi juga menyampaikan beberapa catatan dari investor prefektur Okoyama tentang iklim investasi di Indonesia, antara lain persoalan pengupahan tidak dapat diprediksi.

Selain itu, Ibaragi juga menyampaikan dari beberapa hari kunjungannya dia melihat bahwa masyarakat Indonesia sangat terbuka terhadap perusahaan-perusahaan Jepang.

"Untuk MRT, kami menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan pemerintah Indonesia pada perusahaan Jepang. Tentu kepercayaan tersebut tidak akan disia-siakan dan akan dijaga sebaik mungkin," tegas dia.

Salah satu contoh sukses perusahaan Okoyama yang menanamkan modal di Indonesia adalah Marugo, perusahaan industri komponen yang melakukan perluasan dan ekspansi. Gubernur Ibaragi dalam kunjungannya ke Indonesia juga menyempatkan bertemu dengan perusahaan Marugo.


(AHL)