Harga Si Emas Hitam Tak Beranjak

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 10 Oct 2015 09:57 WIB
minyak mentah
Harga Si Emas Hitam Tak Beranjak
Ilustrasi kilang minyak -- FOTO: Reuters/Tood Korol

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak mentah dunia tak beranjak dari perdagangan yang terpantau berombak pada Jumat waktu setempat. Kelebihan pasokan minyak masih mendukung pergerakan harga minyak.

Reuters melansir, Sabtu (10/10/2015), harga minyak mentah AS CLc1 ditutup naik 20 sen menjadi USD49,63 per barel. Minyak mentah ini menetap tertinggi sejak akhir Juli, sementara minyak mentah Brent LCOc1 berakhir turun 40 sen menjadi USD52,65 per barel.

Meskipun penurunan terjadi untuk harga Brent, namun harga minyak Laut Utara dan WTI benchmark naik sekitar sembilan persen pada minggu ini, serta persentase kenaikan mingguan terbesar dalam enam minggu terakhir.

Perusahaan energi AS memotong rig minyak untuk minggu keenam berturut-turut pada pekan ini. Beberapa pedagang pun mengkhawatirkan harga shale di Kanada dan Bakken yang jatuh.

Sementara itu, di Timur Tengah, sebuah Garda Revolusi Iran tewas umum dekat Aleppo, setelah menyerang tentara Suriah. Faktor ini menjadi salah satu penggerak naik turunnya harga minyak.

Di sisi lain, produksi minyak mentah Arab Saudi tercatat stabil pada September, demikian disampaikan sebuah sumber industri kepada Reuters. Ini mempertahankan tingkat output minyak mentah yang tinggi sebagai bagian dari strategi untuk mempertahankan pangsa pasar.


(AHL)