Sumbar akan Memperingati Hari Pangan Sedunia

   •    Sabtu, 10 Oct 2015 10:19 WIB
pangan
Sumbar akan Memperingati Hari Pangan Sedunia
Ilustrasi pangan. (FOTO: MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Padang: Sumatera Barat (Sumbar) akan mengelar pelbagai acara untuk memperingati Hari Pangan Sedunia, 29-31 Oktober 2015.

"Acara tersebut direncanakan digelar di halaman Kantor Badan Ketahanan Pangan dengan menampilkan berbagai rangkaian kegiatan, seperti lomba cipta menu yang diikuti oleh 19 kabupaten/kota di Sumbar. Yang keluar sebagai pemenang, akan mewakili provinsi di tingkat nasional," kata Kepala Subbidang Pengembangan Teknologi Pangan, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar Syafruddin, di Padang, sebagaimana dikutip dari Antara, Sabtu (10/10/2015).

Peringatan Hari Pangan Sedunia di tingkat nasional, kata dia, akan dilaksanakan di Palembang, 17-22 Oktober 2015, dengan tema "Pemberdayaan Petani sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan".

Menurut dia, Badan Ketahanan Pangan sudah memulai kegiatan program nyata untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Salah satunya dengan melaksanakan diversifikasi pangan yang dilaksanakan pada 15-18 September 2015 yang akan dijadikan agenda rutin setiap tahunnya.

"Acara tersebut diikuti oleh berbagai instansi di bidang pertanian dari 28 provinsi, 17 kota/kabupaten di Sumatera Barat, dan beberapa perusahaan di Indonesia," jelas dia.

Program tersebut, kata dia, dilaksanakan untuk mendorong masyarakat agar tidak menjadikan beras sebagai bahan makan utama, tetapi bisa mengganti dengan sumber karbohidrat, seperti umbi-umbuian dan jagung.

Selain itu, kata dia, upaya lain untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan melakukan pembinaan bahan pangan lokal di Sumbar supaya produksi lebih meningkat.

"Melalui pembinaan bahan pangan lokal tersebut, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta kelompok tani menjadi berkualitas lebih baik dari bahan pangan dari luar," tambah dia.

Sementara itu, produk-produk bahan pangan lokal di Sumbar juga lebih ditingkatkan melalui promisi dan pameran dari Badan Ketahanan Pangan supaya lebih kenal oleh masyarakat luas.


(AHL)