Investor Mulai Lirik RI karena Punya Growth Story Bagus

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 10 Oct 2015 17:11 WIB
ekonomi indonesia
Investor Mulai Lirik RI karena Punya <i>Growth Story</i> Bagus
Ilustrasi. (FOTO: MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Ekonom Bank Mandiri, Destry Damayanti menjelaskan, penguatan rupiah dalam sepekan terakhir ditopang oleh investor asing yang mulai mencari negara emerging market setelah perekonomian di Amerika Serikat (AS) diprediksi masih belum menunjukan perbaikan.

"Ini ditangkap investor, kalau enggak akan ada kenaikan bunga cepat, recovery juga belum jelas. Sementara dia cari emerging market yang punya growth story juga relatif stabil," ujarnya di Sekolah Tinggi Manajeman PPM, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/10/2015).

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah pertumbuhan ekonomi yang baik di antara negara berkembang lainnya. Ditambah lagi, ekonomi Indonesia juga mulai menggeliat.

"Indonesia punya growth story yang cukup stabil. Sekarang pun ekonomi kita sudah mulai bottoming out," sambung Destry.

Dirinya menambahkan, perbaikan kondisi ekonomi dalam negeri didorong oleh penjualan di beberapa sektor yang mulai menunjukan peningkatan, meskipun nilai ekspor Indonesia masih rendah.

"Impor bahan baku jalan, semen sudah mulai naik, automotive sale sudah mulai naik. Ekspor turun, memang karena demand global lemah. Apalagi ekspor kita commodity based," pungkas dia.


(AHL)