MotoGP Jepang

Rebut Pole Position, Lorenzo Akui Salah Strategi

Kautsar Halim    •    Sabtu, 10 Oct 2015 19:53 WIB
motogpjorge lorenzomotogp 2015
Rebut Pole Position, Lorenzo Akui Salah Strategi
Pembalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo. (AFP PHOTO / KAZUHIRO NOGI)

Metrotvnews.com, Tokyo: Kerja keras Jorge Lorenzo dan tim Yamaha Movistar menjelang MotoGP Jepang berakhir manis. Pasalnya, Lorenzo sukses menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi. Meski begitu, Lorenzo merasa proses menuju pole position tidak maksimal lantaran ada kesalahan ketika mengatur strategi.

"Kami memang mampu lebih cepat ketika menggunakan ban kedua. Tapi kami juga harus memperbaiki kesalahan strategi agar bisa lebih pintar kedepannya," ujar Lorenzo.

Lorenzo sukses merebut pole position MotoGP Jepang setelah menyelesaikan sesi kualifikasi dengan waktu terbaik, 1 menit 43.790 detik. Rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi berada di posisi kedua dengan berselisih 0.081 detik.

Lorenzo merasa bisa lebih cepat dari Rossi. Namun hal itu tidak ia dapat karena terkendala dengan tunggangannya. Ia berharap persoalan pemilihan ban motor tidak lagi terulang saat balapan sesungguhnya, Minggu 10 Oktober. 

"Saya akhirnya bisa mendapatkan waktu terbaik usai menggunakan ban baru. Saya sangat senang bisa merebut pole position. Tapi mungkin saya sedikit salah strategi karena sempat menggunakan dua ban dalam sesi ini. Sementara itu, saya malah tak melihat permasalahan ban ini dihadapi oleh Valentino Rossi," papar Lorenzo.

"Di samping mampu merebut pole position, saya juga berhasil jadi yang tercepat dan juga menjaga jarak dengan baik. Tapi, kemudian mereka (tim Rossi) mengubah setting motor. Hal itu membantu Rossi untuk memperkecil selisih waktu," tambahnya.

Raihan positif ini sukses membuat koleksi pole position Lorenzo berjumlah empat kali pada musim ini. Selain itu, ia juga berhasil menyelesaikan empat sesi latihan MotoGP Jepang dengan selalu menjadi yang terdepan. (crash)


(HIL)