Manfaat Sayap Kecil di Motor Ducati Menjelang MotoGP Jepang

Kautsar Halim    •    Sabtu, 10 Oct 2015 22:53 WIB
motogpmotogp 2015
Manfaat Sayap Kecil di Motor Ducati Menjelang MotoGP Jepang
Motor Ducatti di MotoGP Jepang. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Tokyo: Ada yang berbeda dari body motor tim Ducati pada sesi latihan terakhir MotoGP Jepang, Sabtu 10 Oktober. Di depan bagian motor masing-masing pembalapnya terdapat sepasang sayap kecil berwarna hitam. 

Penambahan sayap seperti ini sebetulnya sudah sempat ditampilkan Ducati ketika melakoni GP Qatar dan di sirkuit Sachsenring beberapa waktu lalu. Namun, bentuknya mengalami perubahan pada saat ini. 

Penambahan sayap bukan hanya berfungsi sebagai aksesoris motor . Menurut salah satu tim mekanik Ducati, Paolo Ciabatti, sayap itu berguna untuk menjaga keseimbangan motor.    

"Sayap tersebut mampu menjaga roda tidak terangkat ketika pembalap menggeber motornya. Kemudian, benda itu juga bisa berfungsi untuk membantu rem motor," ujar Ciabatti.

Anehnya, pembalap Ducatti, Andrea Ianone, malah mengaku tidak merasakan manfaat sayap tersebut. Meski begitu, ia tidak keberatan benda itu terpasang di motornya selama tidak mengurangi penampilan. 

"Sayap baru itu memang terlihat besar. Tapi, ternyata pengaruhnya tidak sebesar itu. Saya juga tidak merasa ada yang salah dengan sayap tersebut. Jadi, jika tidak hal negatif ketika menggunakannya, kami akan tetap menggunakan itu," ujar Ianone yang selesai di urutan kelima pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang, Sabtu 10 Oktober. (crash)



(HIL)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

4 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA