Sepuluh Jam Lebih Pabrik Kayu di Bogor Dilalap Api

Nur Cholis    •    Sabtu, 10 Oct 2015 23:44 WIB
kebakaran gedung
Sepuluh Jam Lebih Pabrik Kayu di Bogor Dilalap Api
Ilustrasi kebakaran. Antara/Yusran Uccang

Metrotvnews.com, Bogor: Pabrik Kayu PT Injakayu, Gunung Putri terbakar sejak 14.00 WIB, Sabtu (10/10/2015). Namun, hampir 10 jam petugas bekerja, api belum juga padam.

Pantauan di lapangan, hingga 23.00 WIB 'si jago merah' masih mengamuk. Suasana semakin rawan saat api menjalar ke tembok SPBU yang terletak tak jauh dari lokasi pabrik.

Cuaca panas dan udara kencang membuat proses pemadaman api di PT Injakayu sulit dipadamkan. Padahal, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor dibantu dari Depok sudah mengerahkan lima belas mobil pemadam.

Sementara, PT Injakayu di Desa Tlajung Udik, Gunung Putri, Bogor, Jawa barat diketahui memproduksi papan triplek. Bahan yang ada di seluruh pabrik dan gudang mudah terbakar hingga api semakin membesar.

Meski begitu, api sudah mengecil jika dibandingkan dengan kondisi di sore tadi. Namun, petugas juga belum bisa memberikan kesimoulan soal penyebab kebakaran ini.

Diduga, api berasal dari bagian belakang gudang kayu dan merembet dengan cepat ke arah tiga gudang lainnya. Api kemudian menyambar semua gedung produksi hingga rata dengan tanah.

Insiden ini diperkirakan menyebabkan kerugian mencapai puluhan miliar. Sementara, ribuan pegawai pabrik diyakini akan menganggur hingga waktu lama.


(OGI)