Iran Uji Coba Misil Jarak Jauh Terbaru

Willy Haryono    •    Minggu, 11 Oct 2015 19:03 WIB
nuklir iran
Iran Uji Coba Misil Jarak Jauh Terbaru
Foto Kemenhan Iran pada Minggu (11/10/2015) memperlihatkan peluncuran misil jarak jauh Imad di lokasi yang tak disebutkan. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Teheran: Iran mengklaim telah berhasil menguji coba misil jarak jauh terbarunya, yang diklaim mampu diarahkan sepenuhnya ke target. 

Kementerian Pertahanan Iran mengunggah serangkaian foto peluncuran misil di situsnya. Namun, detail misil bernama Imad ini, seperti jarak maksimum dan kemampuan lainnya, tidak disebutkan.

"Ini adalah misil jarak jauh pertama milik Iran yang dapat diarahkan dan dikendalikan hingga mengenai sasarannya," ujar Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan, seperti dilansir AFP, Minggu (11/10/2015). 

Peluncuran misil dilakukan setelah beberapa pejabat Iran khawatir perjanjian nuklir dengan negara Barat dapat membatasi program misil untuk pertahanan negara. 

Resolusi Dewan Keamanan PBB yang diadopsi beberapa hari setelah perjanjian nuklir melarang Iran membuat misil yang dapat "membawa hulu ledak nuklir."

"Kami tidak perlu meminta izin kepada siapapun untuk memperkuat pertahanan atau kemampuan misil kami," tegas Dehghan. 

Iran mengklaim misilnya tidak akan pernah mengangkut hulu ledak nuklir karena memang tidak berencana mengembangkannya. 

Perjanjian nuklir disepakati Iran dan grup P5+1, yakni Inggris, Tiongkok, Prancis, Jerman, Rusia dan Amerika Serikat di Wina, Swiss, pada 14 Juli. Perjanjian ini membuat Iran harus membatasi program nuklirnya, dengan balasan pencabutan sejumlah sanksi ekonomi. 



(WIL)