Polandia vs Republik Irlandia

Tundukkan Irlandia, Polandia Raih Tiket ke Prancis

Patrick Pinaria    •    Senin, 12 Oct 2015 04:15 WIB
liga duniakualifikasi piala eropa 2016
Tundukkan Irlandia, Polandia Raih Tiket ke Prancis
Para pemain Polandia merayakan kemenangan atas Republik Irlandia (Foto: AFP/Andy Buchanan)

Metrotvnews.com, Warszawa: Polandia dipastikan berangkat ke Prancis untuk tampil Piala Eropa 2016. Kepastian itu didapat setelah mereka berhasil menjadi runner-up grup D Kualifikasi Piala Eropa 2016 usai menaklukkan Republik Irlandia dengan skor tipis 2-1 pada matchday terakhir.

Kemenangan ini sangat istimewa bagi Polandia. Bagaimana tidak? Polandia harus merebut tiket ini dengan Irlandia karena keduanya memiliki poin yang sama di grup D, yakni 18.

Sadar dengan situasi ini, Polandia lantas mencoba tampil menyerang sejak awal laga. Alhasil, mereka berhasil merebut keunggulan ketika laga baru berusia 13 menit lewat gol Grzegorz Krychowiak. Mendapatkan umpan dari Kamil Grosicki, gelandang 25 tahun itu mengeksekusi bola dengan sempurna.

Namun, keunggulan Polandia tak bertahan lama. Irlandia yang juga berhasrat meraih tiket lolos ke Piala Eropa tahun depan, tampil ngotot. Itu terbukti ketika mereka mampu merepotkan pertahanan Polandia.

Tekanan Irlandia pun mengacaukan pertahanan Polandia. Mereka melakukan kesalahan di dalam kotak yang berbuah hukuman penalti. Jonathan Walters yang maju sebagai eksekutor berhasil memanfaatkan kesempatan itu sekaligus membawa Irlandia menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Laga semakin berjalan menarik dan panas. Kedua tim saling menciptakan peluang berbahaya. Namun, tidak ada sejumlah gol yang tercipta hingga memasuki menit ke-40.

Polandia akhirnya berhasil merebut keunggulan kembali jelang tiga menit memasuki turun minum. Gol diciptakan mereka lewat striker, Robert Lewandowski setelah memanfaatkan umpan dari Krzysztof Maczynski.

Irlandia mencoba tampil lebih agresif di babak kedua. Mereka memasukkan Robbie Keane untuk mempertajam serangan mereka.

Sejumlah peluang berhasil diciptakan Irlandia. Akan tetapi, usaha-usaha mereka tak mampu mengubah kedudukan hingga laga usai. Polandia tetap memastikan kemenangan dengan skor 2-1.

Tambahan tiga poin membuat Polandia berhasil menempati peringkat kedua klasemen grup D dengan mengoleksi 21 poin dan memastikan lolos ke Piala Eropa 2016 menemani Jerman merupakan juara grup. Mereka berhasil meraih kemenangan atas Georgia dengan skor 2-1.

Susunan pemain kedua tim:

Polandia: Fabianski; Piszczek, Pazdan, Glik, Wawrzyniak; Olkowski, Krychowiak, Linetty, Grosicki, Maczynski; Lewandowski.

Republik Irlandia: Randolph; Coleman, O'Shea, Keogh, Brady; Whelan, McCarthy, Hendrick, McClean: Walters, Long.


(PAT)